Sebelum Blangko Paspor Hilang, Dugaan Penyelundupan Benur Menguap

Sebelum Blangko Paspor Hilang, Dugaan Penyelundupan Benur Menguap

ilustrasi--

Perkara ini sudah ditangani oleh pusat, yakni Ditwasdakim dan Ditinteldakim. Wartawan media ini mencoba konfirmasi melalui pesan WhatsApp (WA) ke Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi Supartono mengatakan, " Belum ada laporan bang," jawab Supartono singkat.

 

Sedangkan Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Dirwasdakim) I Nyoman Gese Surya Mataram dan Direktur Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Ratna Pristiana Mulya belum ada tanggapan.

 

Sementara itu, Subkoordinator Humas Dirjen Imigrasi Achmad Nur Saleh saat dihubungi untuk dimintai klarifikasi permasalahan ini mengatakan, akan mengeceknya.

 

"Kami cek ya bang," ujar Achmad singkat.

 

Sebelumnya diberitakan, puluhan blangko paspor pada Unit Layanan Paspor (ULP) Mojokerto, di bawah naungan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, hilang, Jumat, 22 September 2023. Hilangnya paspor tersebut baru diketahui belakangan ini.

 

Diduga, blangko kosong paspor tersebut diperjualbelikan kepada orang asing yang tujuannya akan dipakai dokumen perjalanan masuk ke Indonesia. Blangko dikabarkan dijual ke warga negara (WN) India. Lalu dijual lagi ke WN Bangladesh (mik/fer)

 

Sumber: