Kakanwil Kemenkumham Jatim Tekankan Pentingnya Perubahan Paradigma dalam Strategi Kehumasan

Kakanwil Kemenkumham Jatim Tekankan Pentingnya Perubahan Paradigma dalam Strategi Kehumasan

Ishadi, memberikan pemaparan seputar program kehumasan--

BATU, MEMORANDUM - Untuk mengoptimalkan peran kehumasan, Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar Kumham PR Bootcamp East Java Region 2024 pada 3-6 Juni mendatang. Salah satu tujuan utamanya adalah mengubah paradigma kehumasan di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim

"Kami ingin humas tak sekedar melakukan publikasi, tapi harus menjadi kebijakan dan perencanaan dari hulu ke hilir," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono saat membuka kegiatan, Senin malam, 6 Juni 2024.

Menurut Heni, komunikasi publik memiliki peran kunci dalam proses pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik. Proses komunikasi yang dilakukan, idealnya tidak hanya berhenti pada proses publikasi. 

"Namun, kita juga harus bisa menyusun narasi-narasi besar agar dapat memikat hati. Perlu sentuhan empati untuk mengubah persepsi," terangnya.

BACA JUGA:Buka Masa Orientasi CPNS Angkatan 2024, Kakanwil Kemenkumham Jatim Harap Terbentuk Karakter PASTI BerAKHLAK

Pada masa kini, lanjut Heni, membangun reputasi tidak cukup hanya dengan kinerja terbaik saja. Mengingat, hoax dan disinformasi menyebar lebih cepat dari kebenaran.

"Saat ini, kita perlu memiliki strategi komunikasi yang mumpuni. Mengingat, di era disrupsi seperti saat ini, fakta bukan menjadi sebuah kebenaran, namun masyarakat saat ini lebih cenderung membenarkan persepsi," tuturnya.

Menurut Heni, masifnya pengaruh media sosial menjadi tantangan yang harus dihadapi. 

"Saat ini, orang lebih suka konten-konten tiktok, daripada produk jurnalistik yang dihasilkan dengan kerja keras dan risiko yang besar," ujarnya.

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Jatim Siap Sinergi dan Kolaborasi Mendukung Program Pimti Madya Baru

Untuk itu, Heni berharap kegiatan Kumham PR Bootcamp East Java Region 2024 ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada praktisi humas di jajarannya tentang pentingnya komunikasi. Sehingga, kerja-kerja yang kita lakukan bisa tersampaikan dengan utuh ke masyarakat. Dan yang lebih penting lagi adalah mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam program pemerintah. 

"Kami juga berharap, setelah kegiatan ini, tercipta suatu ekosistem komunikasi publik yang diiringi dengan rumusan konkrit strategi komunikasi, inovasi dalam pemanfaatan kanal komunikasi dan peningkatan kompetensi SDM kita," tutup Heni.

BACA JUGA:Siapa Heni Yuwono yang Saat Ini Menjabat Kakanwil Kemenkumham Jatim

BACA JUGA:Apel Perdana Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono, Pinta Jaga Marwah Institusi

Sumber: