Raih 3 Medali Emas 2 Perunggu, Kota Surabaya Dominasi Atlet Muaythai Putri

Raih 3 Medali Emas 2 Perunggu, Kota Surabaya Dominasi Atlet Muaythai Putri

Atlet Muaythai yang bertandung di Porprov VIII Jatim. --

Surabaya, Memorandum - Kota Surabaya berhasil menambah 3 medali emas dan 2 medali perunggu di hari ketiga kejuaraan Porprov VIII Jawa Timur cabaf olahraga (cabor) Muaythai di SMAN 2 Mojokerto, Rabu (13/9/2023). 

Ketua Muaythai Kota Surabaya Hendri Lianto mengatakan, bahwa medali yang diraih didominasi atlet putri karena lebih memang lebih dominan atlet putri dibanding putra.

Hal ini terbukti dari raihan 3 medali emas dan 2 medali perunggu yang semua didapat oleh atlet putri dikelas seni dan fight. Tapi pihaknya juga berharap ada perubahan dalam atlet Muaythai putra supaya bisa mengejar ketertinggalan. 

"Memang kita target 4 medali emas dan kita masih berharap di hari terakhir besok semoga mendapat emas lagi. Dan yang berbeda adalah kali ini lebih banyak dari atlet putri yang mendapatkan medali tapi kami berharap atlet putra juga bisa seperti yang putri," ungkap Hendri.

Adapun enam medali emas yang di dapat Kota Surabaya dari cabor Muaythai yakni dari nomor Seni Wai khru dari Stevanni yang mendapatkan 1 emas, lalu ada Stevanni dan Junita di nomor Muaybotan mendapat 1 emas, serta di nomor Muayaerobik ada Stevanni, Junita, dan Alya yang berhasil mendapatkan 1 medali emas.

Sementara di kategori fight dengan KU 43 ada Arvinda Arda dan KU 45 Denis Nurissa yang mendapatkan medali perunggu. "Kita masih punya harapan satu emas di kejuaraan hari ke empat untuk memenuhi target yang diberikan oleh KONI Surabaya. Apalagi Muaythai saat ini pemetaanya berbeda dengan sebelumnya," imbuhnya.

Peta kekuatan dalam porprov kali ini, menurut Hendri sudah ada perubahan yang besar, hal ini terbukti Kabupaten Lamongan dan Blitar mampu bersaing di Porprov Jatim tahun ini.

"Tahun ini pemerataan untuk kekuatan atletnya bukan hanya satu daerah saja dan setiap atlet memiliki kekurangan dan kelebihan masing," imbuhnya.

Rencananya usai pagelaran Porprov VIII Jatim ini, akan ada beberapa pertandingan di Kota Surabaya salah satunya kejuaraan Muaythai Piala Wali Kota Surabaya untuk pembibitan atlet untuk Porprov selanjutnya. (rid/fer)

Sumber: