Ratusan KPM di Jombang Terima Bansos Beras dari Pemerintah

Ratusan KPM di Jombang Terima Bansos Beras dari Pemerintah

Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyerahkan bansos beras kepada salah satu KPM. --

Jombang, Memorandum - Ratusan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Jombang, digelontor bantuan sosial (bansos) cadangan pangan beras pemerintah. Per KPM menerima beras sebanyak 10 kilogram. 

Bansos dari Kemeterian Sosial (Kemensos) tersebut diberikan selama tiga bulan. Sehingga total per KPM menerima beras sebanyaj 30 kilogram. Kabupaten Jombang sendiri, tercatat sebanyak 114.220 KPM yang menerima bansos tersebut. 

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, launching penyerahan beras yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kemensos digelar di Balai Desa Tugusumberjo, Kecamatan Peterongan. 

"Untuk Desa Tugusumberjo sendiri, penerima bansos sebanyak 740 KPM," katanya, Selasa (12/9/2023), menerangkan program yang sudah dilakukan sehari sebelumnya itu.

Mundjidah menjelaskan, program itudilakukan serentak di Jombang. "Hari itu juga selesai, se-Kabupaten Jombang," jelasnya. 

Mundjidah mengungkapkan, penyerahan beras ini merupakan wujud kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat untuk keterjangkauan pangan dan mendapatkan pangan yang layak, serta diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Alhamdulillah, atas sinergitas dan kolaborasi seluruh pihak kita bersama-sama mampu mewujudkan program pemerintah demi tercapainya kesejahteraan masyarakat melalui launching cadangan beras pemerintah di Desa Tugusumberjo Peterongan," ungkapnya. 

Mundjidah mebjelaskan, program ini dilaksanakan dalam rangka untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sasaran, sebagai upaya untuk melindungi produsen dan konsumen akibat gejolak harga pangan dan mengendalikan dampak inflasi, kemiskinan stunting dan gizi buruk.

"Saya harap pemberian bantuan pangan beras ini dapat tersalurkan 100 persen, sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan dan mengendalikan dampak inflasi," jelasnya. 

Selain itu Mundjidah berharap, mudah-mudahan pemberian bantuan beras ini sedikit banyaknya bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan terpenuhinya 6T (tepat jenis, tepat mutu, tepat sasaran, tepat ukuran, tepat waktu, tepat tempat). 

"Saya juga berharap kepada bapak dan ibu penerima manfaat senantiasa mensyukuri apa yang menjadi upaya pemerintah. Jangan dilihat dari jumlahnya, setidaknya sedikit banyak bantuan beras ini bisa memberikan manfaat untuk masyarakat di Desa Tugusumberjo Kecamatan Peterongan," tukasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Jombang, Nur Kamalia menernagkan, bahwa ini adalah upaya pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka memberikan jaminan atas pangan, terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah. 

"Tujuannya agar rumah tangga/keluarga selalu memiliki akses pada harga yang ideal bagi kebutuhan dan kesehatannya," pungkasnya.(wan/war/epe)

Sumber: