Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Yang Menjalankan

Keutamaan Puasa Senin Kamis Bagi Yang Menjalankan

Surabaya, Memorandum.co.id - Menjalankan ibadah puasa di hari Senin dan Kamis adalah salah satu amalan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW kepada setiap umat-Nya.

Keutamaan Puasa Senin Kamis Berikut keutamaan puasa Senin Kamis:

1. Mendapat Ampunan dan Pahala Besar Allah SWT akan mengampuni dosa orang-orang yang mengerjakan puasa Senin Kamis. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda.

"Seluruh amal manusia dihadapkan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dua kali dalam sepekan. Yaitu pada hari Senin dan Kamis. Lalu Allah mengampuni dosa setiap hamba-Nya yang mukmin, kecuali orang yang bermusuhan. Maka dikatakan kepada mereka, 'Tinggalkanlah dahulu kedua orang ini, sampai mereka berdamai'." (HR Muslim)

2. Pahala Dilipatgandakan Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda,

"Semua amalan Bani Adam adalah untuknya kecuali puasa, sesungguhnya puasa adalah untuk-Ku (Allah), dan Aku-lah yang membalasnya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih wangi di sisi Allah daripada harumnya minyak wangi." (HR Bukhari)

3. Surga Rayyan bagi yang Berpuasa Allah SWT telah mempersiapkan surga khusus untuk orang-orang yang mengerjakan puasa. Surga tersebut bernama Rayyan. Hal ini merujuk pada sabda Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Shal.

"Dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan ar-Rayyan, yang pada hari kiamat tidak akan ada orang yang masuk ke surga melewati pintu itu kecuali para shaimun (orang-orang yang berpuasa). Tidak akan ada seorang pun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Lalu dikatakan kepada mereka, 'Mana para shaimun?' Maka para shaimun berdiri menghadap. Tidak adkan ada seorang pun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Apabila mereka telah masuk semuanya, maka pintu itu ditutup dan tidak akan ada seorang pun yang masuk melewati pintu tersebut." (HR Bukhari Muslim)

4. Zakat bagi Tubuh Setiap anggota badan ada zakatnya dan zakat badan adalah puasa. Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda.

"Setiap sesuatu itu ada zakatnya dan zakatnya tubuh adalah berpuasa." Dan dalam hadits yang lain Rasulullah SAW bersabda, "Puasa adalah setengah dari kesabaran." (HR Ibnu Majah)

5. Memberikan Syafaat Puasa akan memberikan syafaat seperti halnya Al-Qur'an. Rasulullah SAW bersabda.

"Puasa dan Al-Qur'an kelak pada hari kiamat akan memberi syafaat kepada seorang hamba. Puasa berkata, 'Duhai Rabb, aku telah menahannya dari makanan dan nafsu syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafaat kepadanya.' Dan Al-Qur'an berkata, 'Aku telah menahannya dari tidur di malam hari, izinkanlah aku memberi syafaat kepadanya,' Beliau melanjutkan sabdanya, 'Maka mereka berdua (puasa dan Al-Qur'an) pun akhirnya memberi syafaat kepadanya." (HR Ahmad)

6. Mendapatkan Cinta dari Allah Puasa Senin Kamis termasuk amalan yang dapat melengkapi perkara-perkara wajib. Selain itu, puasa sunnah juga dapat meningkatkan derajat seseorang.

Disebutkan dalam hadits qudsi, "Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatan yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku melindunginya." (HR Bukhari)

7. Memperoleh Dua Kegembiraan Orang yang berpuasa akan memperoleh dua kegembiraan yang belum pernah mereka dapatkan selain mengerjakan puasa. Kegembiraan tersebut diperoleh pada dua waktu, yakni saat berbuka dan saat bertemu dengan Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari.(*/Rdh)

Sumber: