Yuk Pelajari Cara Pasang Set Top Box Untuk Jadikan TV Kamu Jadi TV Digital

Yuk Pelajari Cara Pasang Set Top Box Untuk Jadikan TV Kamu Jadi TV Digital

Surabaya, memorandum.co.id - Baru baru ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengubah semua TV analog menjadi TV digital. Hal ini tentu membawa ketakutan bagi warga yang punya TV analog. Padahal, tak perlu takut, karena untuk mengubah hanya diperlukan set top box yang banyak dijual di berbagai e-commerce. Perangkat set top box ini dapat membuat TV analog sobat Shopee dapat menerima siaran juga loh. Karena itu, banya yang sedang mencari perlengkapan set top box ini. apalagi harga perangkat set top box ini harganya tidak terlalu mahal. Tapi sayangnya, masih banyak yang belum tau cara memasang perangkat set top box ini. Kalau sobat Shopee juga belum tau caranya, sobat Shopee bisa mengikuti tutorial ini loh. Yuk dicoba!

Cara Pasang Set Top Box

Bagi kamu yang mau memasang set top box tapi masih bingung bagaimana cara pasangnya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.
  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan, berupa set top box dan TV analog.
  • Pastikan terlebih dahulu bahwa set top box yang sobat Shopee gunakan adalah tipe DVB – T2 yang mendukung sambungan antena pada TV analog kamu.
  • Pastikan juga kalau TV analog kamu sudah dalam posisi mati atau power off.
  • Cabutlah kabel antena yang ada dan terpasang pada TV analog.
  • Lihat punggung set top box kamu, lalu hubungkan kabel antena tadi ke port Ant In. pastikan tersambung sempurna ya.
  • sambungkanlah kabel HDMI dari port set top box ke TV analog.
  • Setelah selesai, pastikan set top box telah benar benar terhubung dengan TV analog. Pastikan juga set top box sudah tersambung dengan daya listrik ya.
  • Nyalakan set top box dan TV analog tadi.
  • Masuklah ke mode pengaturan yang ada pada TV analog, lalu pilih mode tampilan AV.
  • Setelah menu set top box muncul, sobat Shopee bisa pilih menu pencarian saluran.
  • TV digital kamu akan mulai mencari saluran yang tersedia. Jika salurannya telah muncul, kamu harus memilih opsi simpan agar siarannya bisa kamu nikmati terus.
  • Nah, sekarang TV analog kamu juga bisa menangkap siaran seperti TV digital.
Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu lakukan saat akan memasang set top box. Sudah paham kan sekarang? Cukup mudah bukan?

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Set Top Box

Seperti yang sudah diketahui, set top box merupakan alat untuk mengubah TV analog menjadi TV digital. Peran set top box yang cukup besar ini membuat kamu tak boleh bertindak sembarangan saat akan memilih set top box tadi. Saat memilih set top box, kamu tetap harus memerhatikan beberapa aspek agar hasil yang kamu peroleh juga bagus. Setidaknya, saat memilih set top box, kamu harus memerhatikan 4 hal. Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah apakah set top box tadi memiliki sertifikat dari Kominfo atau tidak. Ini patut sobat Shopee perhatikan, karena hanya set top box yang memiliki sertifikatlah yang dijamin berkualitas dan bisa digunakan secara optimal. Hal lain yang perlu kamu perhatikan juga adalah fitur dari set top box. Pilihlah set top box yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan kamu. Beda merk akan menghadirkan fitur berbeda, jadi pastikan pilih sesuai dengan hal yang kamu butuhkan ya. Saat memilih set top box, tak ada salahnya juga bisa kamu melihat review dari orang orang yang sudah pernah menggunakan set top box tersebut. Perhatikan semua kelebihan dan kekurangan yang diulas seseorang untuk set box tersebut. Dengan memerhatikan kelebihan dan kekurangan dari set top box tadi, kamu bisa benar benar memutuskan apakah akan membeli set top box tadi atau memilih merk lainnya. Bila menggunakan cara ini, tentu saja kamu akan mendapatkan set top box terbaik. Jadi, jika ingin memilih set top box, kamu harus memerhatikan apakah sudah bersertifikat, apa saja fitur yang dimilikinya, serta bagaimana ulasan dari orang yang sudah pernah menggunakan set top box tersebut.

Beli Set Top Box Berkualitas di Shopee

Nah, itu dia beberapa langkah yang harus sobat Shopee lakukan jika ingin memasang set top box. Kamu tak hanya bisa membeli set top box di toko offline loh, apalagi Shopee juga menyediakan set top box berkualitas. Untuk mencarinya, kamu cukup ke fitur pencarian dan mengetik set top box. Nanti akan muncul berbagai set top box berkualitas yang dapat kamu pilih sesukamu. Apalagi sekarang Shopee menyediakan berbagai fitur unik yang mendukung kepuasan belanjamu. Jadi, mari nikmati diskon menarik, fitur COD, gratis ongkir, hingga aplikasi pinjam uang yang disediakan Shopee dan check out set top box sekarang juga. Agar belanja jadi lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan promo Shopee 12.12 Birthday Sale pada 14 November-12 Desember 2022! Ada Gratis Ongkir Rp0, Cuci Gudang Diskon s/d 90%, dan Rezeki Nama Diskon s/d 50RB yang bisa bikin belanja jadi terasa semakin menguntungkan. (*/gus)

Sumber: