Gubernur Khofifah Komitmen Kawal Piala Dunia U-20 di Jatim

Gubernur Khofifah Komitmen Kawal Piala Dunia U-20 di Jatim

Surabaya-Memorandum.co.id -Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jatim berkomitmen untuk mengawal penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Jatim. Karena itu KONI Jatim meminta semua pihak untuk menahan egonya serta mengakhiri polemik terkait status Gelora Bung Tomo (GBT) yang telah diusulkan sebagai salah satu venue kejuaraan bergengsi pada 2021 itu.

“Saya yakin ini hanya salah persepsi. Tidak perlu diperpanjang, sudah jelas kalau Gubernur Jatim sangat mendukung pemilihan Surabaya sebagai salah satu venue Piala Dunia U20,” tegas Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung, Kamis (14/9).

Menurut Erlangga, berita yang beredar di masyarakat hanya sepotong-potong sehingga terjadi multi tafsir seakan-akan Gubernur Khofifah tidak menginginkan Surabaya sebagai salah satu venue. Persoalan semakin runcing karena dimunculkan di media bahwa Khofifah mengajukan Stadion Kanjuruhan Malang sebagai pengganti GBT.

“Inilah yang memang terus menerus digoreng di medsos, padahal gubernur sebatas memberi alternatif stadion yang bisa digunakan Piala Dunia selain GBT. Janganlah dibenturkan antara Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim,” pintanya.

Ditanya soal bau sampah Erlangga mengungkapkan permasalahan tersebut pasti ada solusinya. Peran Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya sangat penting dalam menuntaskan bau sampah di TPA Benowo yang kerap tercium di Stadion GBT.

“Kami yakin kalau ada keseriusan pasti ada solusi. Peran Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) sebagai pembina teknis sangat diperlukan analisa teknisnya untuk meyakinkan semua pihak akan kelayakan GBT. Tidak bisa hanya katanya dan katanya saja, tapi jika Kadis LH Jatim turun tangan solusinya bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim Supratomo turut menegaskan komitmen Gubernur Jatim terhadap penyelenggaraan Piala Dunia U20 tahun 2021 di Surabaya. Gubernur Khofifah sebut dia, berniat akan mengawal seluruh proses persiapan penyelenggaraan even tersebut hingga usai agar lancar tanpa kendala apapun.

“Pada 7 Agustus lalu pak Erick Thohir yang turut berjasa memperjuangkan pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia sempat menyampaikan kepada Bu Gubernur dan Pak Wagub bahwa GBT turut diusulkan untuk venue Piala Dunia U20, dan beliau berdua mendukung. Komitmen tersebut tidak berubah sampai saat ini dan kami siap berkoordinasi dengan PSSI agar segalanya lancar termasuk dengan Dinas LH Jatim,” pungkas Supratomo. (yok/udi)

Sumber: