Hadirkan Perjalanan Mudik Lebih Berwarna, KAI Hadirkan Livery Kereta Tema Ceria di Angkutan Lebaran 2025

Hadirkan Perjalanan Mudik Lebih Berwarna, KAI Hadirkan Livery Kereta Tema Ceria di Angkutan Lebaran 2025

Daop 8 KAI Hadirkan Livery Kereta Tema Ceria di Angkutan Lebaran 2025. -Oskario Udayana-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan nuansa Ramadan dan Idulfitri yang semakin meriah dengan pemasangan Livery Tematik Idulfitri 1446H pada lokomotif, body eksterior kereta, dan kabin penumpang.

 BACA JUGA:KAI Daop 8 Surabaya Siap Operasikan 58 Lokomotif dan 417 KA untuk Angkutan Lebaran 2025

Livery tematik ini akan menghiasi perjalanan beberapa kereta api unggulan KA. KA keberangkatan Daop 8 yang dihias livery tematik Idulfitri tersebut adalah KA Bima, KA Argo Semeru, KA Argo Wilis, KA Turangga, dan KA Gajayana.


-- 

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif menyatakan bahwa Livery Tematik Ramadan dan Idulfitri tahun ini dirancang lebih menarik dibandingkan sebelumnya.

"Livery ini menampilkan karakter-karakter lucu yang menggambarkan suasana mudik Lebaran dengan kereta api. Dengan desain yang unik, diharapkan dapat memberikan kesan ceria dan bahagia bagi para pelanggan saat melakukan perjalanan mudik," ujar Luqman.

BACA JUGA:Pastikan Keselamatan dan Kenyamanan Angkutan Lebaran, KAI Daop 8 Surabaya Intensifkan Perawatan Jalur KA

Desain livery ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian BUMN, Kementerian Ekonomi Kreatif, Elex Media, serta karakter dari komik GaJelas, Si Bedil, dan Tuti and Friends. Mengusung tema "Bersama KAI Menyambung Silaturahmi", KAI ingin menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih berwarna bagi pelanggan setia.

BACA JUGA:Jelang Angkutan Lebaran 2025, Regulator Perkeretaapian Rampcheck Sarana dan Fasilitas di Daop 8 Surabaya

Pada lokomotif, Livery Tematik Idulfitri 1446H menampilkan elemen-elemen khas Ramadan dan Idulfitri, seperti ketupat, masjid, serta motif Islami yang khas. Warna-warna cerah yang digunakan menciptakan nuansa penuh kegembiraan, menyambut para pelanggan yang hendak pulang kampung untuk berkumpul dengan keluarga.

BACA JUGA:KAI Daop 8 Surabaya Buka Pemesanan KA Tambahan Lebaran 2025

Sementara itu, pada body eksterior kereta, livery tematik ini mengisahkan perjalanan mudik dengan berbagai karakter yang menikmati perjalanan menggunakan kereta api. Dengan ilustrasi yang dinamis, livery ini diharapkan dapat memberikan kesan hangat serta menyebarkan semangat kebersamaan kepada para penumpang.

Tak hanya di bagian luar, livery tematik juga diterapkan pada kabin penumpang untuk menghadirkan atmosfer Ramadan dan Idulfitri yang lebih mendalam. Ornamen dekoratif serta ilustrasi menarik akan menemani pelanggan sepanjang perjalanan, memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan.

BACA JUGA:KAI Daop 8 Surabaya Buka Pemesanan Tiket Arus Balik Lebaran 2025 

Kehadiran karakter kartun Bedil, Tuti, dan Budi dalam livery ini semakin menambah daya tarik visual. Karakter-karakter ini dikenal luas oleh masyarakat dan diharapkan dapat memberikan kesan lebih dekat serta menghibur penumpang, terutama anak-anak yang turut serta dalam perjalanan mudik.

Luqman menambahkan bahwa pemasangan livery ini juga merupakan salah satu bentuk apresiasi KAI kepada para pelanggan setia yang memilih kereta api sebagai moda transportasi utama saat mudik Lebaran.

"Kami ingin menghadirkan pengalaman perjalanan yang tidak hanya nyaman dan aman, tetapi juga penuh keceriaan serta kenangan yang tak terlupakan. Dengan livery tematik ini, KAI juga ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama merayakan Ramadan dan Idulfitri dengan penuh kebahagiaan. Momen mudik yang identik dengan silaturahmi diharapkan semakin berkesan dengan sentuhan kreatif dari KAI dan para kolaborator,” jelas Luqman.

Luqman juga menyampaikan bahwa KAI akan terus berinovasi dalam menghadirkan berbagai program menarik guna meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Beragam inisiatif, seperti promo mudik lebih awal dan Ramadan Festive, dirancang untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan dan terjangkau bagi masyarakat.

"Kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggan kami, baik dalam bentuk layanan maupun pengalaman perjalanan yang menyenangkan," tutup Luqman. (rio)

Sumber: