Pelayanan 24 Jam Puskesmas Belum Berjalan Sesuai Harapan, DPRD: Desak Layanan Kesehatan Optimal

Pelayanan 24 Jam Puskesmas Belum Berjalan Sesuai Harapan, DPRD: Desak Layanan Kesehatan Optimal

Anggota Komisi D DPRD Surabaya William Wirakusuma.-Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Program pelayanan 24 jam puskesmas yang digadang-gadang sebagai solusi untuk meningkatkan aksesibilitas layanan kesehatan bagi masyarakat Surabaya, ternyata belum sepenuhnya berjalan sesuai harapan. Pasalnya, tidak semua puskesmas di kota ini memberikan pelayanan selama 24 jam, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

BACA JUGA:Selama Libur Lebaran, Dinkes Surabaya Sesuaikan Jam Operasional Puskesmas dan Labkesda

Kondisi ini menuai sorotan dari berbagai pihak, salah satunya William Wirakusuma, anggota Komisi D DPRD Surabaya. Menurutnya, Dinas Kesehatan Kota Surabaya perlu mengevaluasi dan mengubah kebijakan terkait jam operasional puskesmas.


--

"Dinas Kesehatan harus mengubah kebijakan ini. Apalagi ada 144 penyakit yang tidak bisa dirujuk di fasilitas kesehatan tingkat lanjut (FKTL) dan harus ditangani di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), termasuk puskesmas," ujar William, Kamis 30 Januari 2025. 

William menambahkan, idealnya, 23 puskesmas yang memiliki layanan rawat inap dapat menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan dalam melayani warga Surabaya. 

BACA JUGA:Ratusan Petugas KPPS Tumbang Dilarikan ke Puskesmas dan Rumah Sakit

Untuk itu, puskesmas 24 jam harus memiliki penjadwalan tenaga kesehatan (nakes) yang baik agar tetap dapat memberikan pelayanan pada akhir pekan dan hari libur.

"Ke depannya, puskesmas lain juga harus dikembangkan menjadi puskesmas 24 jam," tegasnya.

BACA JUGA:Kanker Payudara Capai 1.677 Kasus, Dinkes Surabaya Buka Layanan Deteksi Dini di Puskesmas

Politisi PSI ini kembali menegaskan jika masyarakat Surabaya tentu berharap agar seluruh puskesmas dapat memberikan pelayanan 24 jam, tanpa terkecuali. Dengan begitu, akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, kapan pun dan di mana pun.

BACA JUGA:Puskesmas di Surabaya Buka 24 Jam, Komisi D: Nakes Harus Ditambah

"Kami mendorong Dinkes untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang optimal," pungkasnya. (alf)

Sumber: