Waspada! Modus Penipuan Mengatasnamakan Petugas PDAM Surya Sembada Marak di Surabaya

Waspada! Modus Penipuan Mengatasnamakan Petugas PDAM Surya Sembada Marak di Surabaya

Petugas PDAM Kota Surabaya kembali mengingatkan masyarakat akan maraknya modus penipuan yang dilakukan oleh oknum yang mengaku sebagai petugas PDAM.--

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - PDAM Surya Sembada Kota SURABAYA kembali mengingatkan masyarakat akan maraknya modus penipuan yang dilakukan oleh oknum yang mengaku sebagai petugas PDAM.  

Direktur Utama PDAM Surya Sembada, Arief Wisnu Cahyono menekankan pentingnya kewaspadaan warga terhadap modus kejahatan ini.  Peringatan ini menyusul adanya aksi pencurian yang dilakukan oleh pelaku yang mengaku sebagai petugas PDAM di Jalan Achmad Jaiz, Peneleh. 

Untuk mencegah kejadian serupa terulang, PDAM Surabaya gencar mensosialisasikan ciri-ciri petugas resmi. 

BACA JUGA:PDAM Surya Sembada Respons Cepat Tangani Kebocoran Pipa di Pagesangan

"Petugas PDAM yang melakukan pencatatan meter hanya satu orang, menggunakan telepon genggam yang terhubung langsung ke sistem pusat data, dan memiliki zona kerja tertentu," jelas Arief Wisnu. 

Petugas resmi selalu dilengkapi seragam, kartu identitas, dan surat tugas resmi atau SPK (Surat Perintah Kerja). Mereka hanya memotret dan mencatat angka meter dari luar rumah, tanpa perlu masuk ke dalam.

Arief Wisnu juga membantah praktik penjualan papan pencatat angka meter yang kerap dikaitkan dengan PDAM. 

BACA JUGA:Jaga Kelestarian Sumber Air Baku, PDAM Surya Sembada Gelar Penanaman Pohon di Plintahan

"PDAM tidak menyarankan penggunaan papan tersebut. Pelanggan dapat mencatat meter secara mandiri melalui Aplikasi CIS (Customer Information System)," imbuhnya.  

Ia menambahkan bahwa petugas PDAM tidak menerima pembayaran tunai.  Semua transaksi dilakukan secara online melalui minimarket, kantor pos, bank, e-commerce, atau PPOB (Payment Point Online Bank), dengan bukti berupa struk resmi.

“Padahal PDAM tidak menyarankan pelanggan mencatat menggunakan papan tersebut karena pelanggan dapat mencatat meter mandiri melalui Aplikasi CIS (Customer Information System) PDAM.” ungkap Arief Wisnu.

BACA JUGA:Antisipasi Hambatan Air Selama Lebaran, PDAM Surya Sembada Menyiapkan 16 Tangki Air 

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan memeriksa kelengkapan identitas petugas sebelum berinteraksi.  Jika ragu atau curiga, segera hubungi Call Center PDAM 24 jam bebas pulsa di 08001926666 atau WA Center di 08123316666.  Aplikasi CIS PDAM juga memudahkan pelanggan melaporkan gangguan dan mencatat meter secara mandiri.(rio)

Sumber: