Sasar Gen Z dan Milenial, PJT 1 Waduk Wonorejo Kenalkan Wisata Paddling

Sasar Gen Z dan Milenial, PJT 1 Waduk Wonorejo Kenalkan Wisata Paddling

Paddling di Waduk Wonorejo --

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Waduk Wonorejo di Tulungagung sudah dikenal karena pemandangan dan spot pemancingannya. Namun kini pengelola Waduk Wonorejo kembali memperkenalkan sport tourism baru di lokasi tersebut. Yakni dengan memperkenalkan olahraga air paddling.

Paddling adalah olahraga air yang mirip dengan dayung. Jika pendayung harus duduk saat mendayung, namun paddling mengharuskannya untuk berdiri sambil mengayunkan dayung ke kiri kanan di atas papan berbentuk kerucut, yang sudah didesain dengan standar kelayakan dan keamanannya.

Di Tulungagung, paddling pertama kali hadir dan hanya bisa dinikmati di wisata air Waduk Wonorejo. Waduk yang dikelilingi suasana pegunungan itu berada di Kecamatan Pagerwojo, 15 kilometer dari arah kota, atau 30 menit dari pusat kota.

BACA JUGA:Wali Kota Malang Apresiasi Sinergi PJT 1 & Tugu Tirta

Suasana sore di waduk ini memang cocok digunakan untuk bersantai. Mulai dari memancing, selfie, hingga paddling. Apalagi dengan kondisi air yang tenang dan tidak berombak.

Guide paddling di Waduk Wonorejo, Marwan (43), mengatakan untuk bisa paddling, seseorang harus memiliki ketenangan dan keseimbangan. Itu lantaran harus berdiri di atas papan paddle.

"Kalau teknik khususnya yang penting bisa jaga keseimbangan saja. Terus mendayungnya usahakan bisa imbang kanan kiri, biar bisa lurus ke depan," ujar Marwan, Minggu 20 Oktober 2024.

BACA JUGA:Dinas PUPR Tulungagung Janjikan Perbaikan Jalan Sirip Lingkar Waduk Wonorejo

Marwan meminta wisatawan yang mencoba paddling agar tidak panik saat terguling atau tercebur ke air, sebab sudah ada pelampung dan pendamping yang selalu memantau keselamatannya.

Menurutnya, bermain paddling di Waduk Wonorejo sangat menyenangkan. Apalagi sambil ada banyak spot menarik yang bisa dinikmati selama paddling.

Sementara Kepala Sub Divisi Pengendalian Operasional dan Bisnis Jasa Tirta 1, Marturiawan Kristiyono Putro menerangkan, konsep wisata yang ditawarkan di PJT 1 ini berkonsentrasi pada edu dan sport tourism.

BACA JUGA:Selama Agustus, Perum Jasa Tirta I Tebar 160 Ribu Bibit Ikan di Tiga Waduk

"Salah satu sport tourism yang coba kita wujudkan dengan paddling. Paddling ini baru di bulan Agustus dan membawa sensasi baru di olahraga air. Apalagi juga dinikmati sambil melihat pemandangan sekitar yang syahdu," papar Marturiawan.

Selain paddling, pihaknya juga menawarkan fasilitas wisata lain seperti kolam renang, camping ground, APV, perahu, resto, serta meeting room dan beberapa lokasi selfie yang instagramable.

Sumber: