Keluarga Mantan Istri Tidak Memberitahu Jika Mawar Terinfeksi HIV

Keluarga Mantan Istri Tidak Memberitahu Jika Mawar Terinfeksi HIV

-Ilustrasi-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Dani Ari Prabowo, bapak Mawar (bukan nama sebenarnya, red) mengungkapkan, dokter sempat bertanya kepadanya bagaimana Mawar sampai tertular HIV. Dia pun menceritakan semuanya, bahwa Mawar tertular dari mantan istri dan suaminya yang baru. 

BACA JUGA:Bocah SD Penderita HIV di Surabaya Tertular dari Ibu

Karena sebelumnya, mantan istri sempat dirawat di RSUD dr M Soewandhie selama tiga bulan karena terkena HIV dan dinyatakan meninggal pada 2021.  Dani juga sempat diberitahu suami mantan istrinya jika sebelumnya juga sempat diperiksakan ke puskesmas Demak dan dinyatakan sekeluarga positif HIV. 

BACA JUGA:573 Kasus HIV/Aids di Surabaya Didominasi Pria, Penyebab Tingginya HIV/Aids, Penularan Baru Tidak Terkontrol

"Saya tahu setelah berkunjung ke rumah mantan istri pada saat mau puasa. Dan dibilangi oleh suaminya, bila sekeluarga, mantan istri, dan dua anaknya serta ibu bapaknya sudah dinyatakan positif HIV oleh dokter. Termasuk anak saya cuma mereka tidak bilang," beber Dani.

BACA JUGA:5 Hal yang Harus Dihindari Jika Tidak Mau Terkena HIV, Simak Penjelasannya!

Dani mengatakan, jika bercerai dengan mantan istri pada 2016. Setelah bercerai, Mawar tinggal bersama mantan istri itu di daerah Krembangan. "Anak saya ikut mantan istri sejak kecil," terang Dani.

BACA JUGA:Menuju Indonesia Bebas AIDS Tahun 2030, Wamenkes : Komunitas Elemen Penting Penanggulangan HIV

Karena mantan istri meninggal, Mawar yang sudah menginjak umur 8 tahun diberikan kepada Dani untuk diasuh. Tapi keluarga mantan istri tidak memberitahu kalau anaknya sering batuk-batuk. Sebelum akhirnya diketahui tertular HIV usai diperiksa ke rumah sakit. 

"Anak saya tertular saat merawat ibunya saat sakit," beber Dani. 

BACA JUGA:Kasus HIV/AIDS di Surabaya Tinggi, Dewan Minta Pemkot Cegah dan Obati

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Mawar (11), bocah sekolah dasar (SD) yang tinggal di wilayah Gubeng. Dia dinyatakan positif terinfeksi HIV setelah tertular oleh almarhum ibunya. (rio)

Sumber: