Lantik 67 Pejabat, Menteri AHY Harapkan Jajaran Kementerian ATR/BPN Bangun Semangat Integritas

Lantik 67 Pejabat, Menteri AHY Harapkan Jajaran Kementerian ATR/BPN Bangun Semangat Integritas

Menteri AHY (kiri) menandatangani berita acara pelantikan.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik 67 pejabat di lingkungan Kementerian ATR/BPN, yang terdiri dari pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama serta pejabat Administrator dan Fungsional.

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah janji jabatan itu berlangsung di Aula Prona, Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Senin 14 Oktober 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri AHY mengucapkan selamat atas amanah baru yang diemban para pejabat. Khususnya, kepada Dalu Agung Darmawan sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) dan Yulia Jaya Nirmawati sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria.

“Irjen di Kementerian ATR/BPN, sebuah posisi yang mengharuskan untuk terus memonitor sekaligus membangun semangat integritas yang baik. Salah satu tantangan terbesar bagi Kementerian ATR/BPN adalah bagaimana bukan hanya membangun narasi, ekosistem zona integritas, tetapi transparansi, akuntabilitas, itu menjadi fondasi utama dan itulah yang menjadi harapan masyarakat kita,” ujar Menteri AHY.

BACA JUGA:Disaksikan Presiden Jokowi, Menteri AHY Serahkan Sertipikat Tanah Elektronik untuk Istana Negara dan Garuda

Menurut Menteri ATR/Kepala BPN, zona integritas sebagai bagian dari reformasi birokrasi bukan hanya menjadi slogan, tetapi harus benar dijalankan, sehingga masyarakat bisa merasakan dampaknya.

"Produk-produk yang kita hasilkan termasuk sertipikasi tanah, tata ruang, dan lain sebagainya itu harus benar-benar menghadirkan dampak positif bagi ekonomi masyarakat juga kehidupan sosial masyarakat,” tegasnya.

Kepada Dirjen Penataan Agraria, AHY berharap dapat menghadirkan solusi atas kendala dalam menjalankan dua aspek Reforma Agraria. Yakni Penataan Aset dan Penataan Akses. 

“Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, mudah-mudahan masyarakat kita semakin mendapatkan manfaat dan negara kita semakin mendapat benefit juga dari Reforma Agraria yang utamanya adalah Penataan Aset dan Akses yang juga semakin kredibel,” ungkap Menteri AHY.

BACA JUGA:Tiba di Balikpapan, Menteri AHY Menuju IKN untuk Peresmian serta Penyerahan Sertipikat Istana Negara

Selain itu, kepada Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi yang baru saja dilantik, Menteri AHY menyampaikan agar menuntaskan pengelolaan administrasi pertanahan di wilayah provinsi, kabupaten, dan kota. 

“Kita jalankan kebijakan yang selama ini sudah ditetapkan, termasuk meningkatkan nilai ekonomi dari hasil pendaftaran tanah sekaligus juga upaya memberikan investasi,” tambahnya.

Sebagai pimpinan Kementerian ATR/BPN, AHY juga memotivasi jajarannya untuk selalu mengembangkan potensi diri dalam rangka menghadapi tugas dan fungsi pada posisi selanjutnya. 

“Selebihnya kepada para pejabat struktural maupun fungsional, selamat bertugas. Sekali lagi, tunjukkan kinerja yang baik sambil terus mengasah diri untuk posisi dan peran-peran selanjutnya. Saya doakan semua yang ada di ruangan ini bisa sukses karirnya,” tutur Menteri AHY.

Sumber: