Jelang Cina vs Indonesia, Tuan Rumah Unggul H2H atas Timnas Garuda

Jelang Cina vs Indonesia, Tuan Rumah Unggul H2H atas Timnas Garuda

Skuad Garuda saat foto bersama sebelum menghadapi Bahrain pada Kamis 10 Oktober 2024. (Dok PSSI) -Farid Al Jufri-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah Cina dalam pertandingan keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Qingdao Youth Football, Selasa 15 Oktober 2024 pukul 19.00 WIB. 

BACA JUGA:Gelar Latihan Perdana, Kondisi Pemain Timnas Bagus Kecuali Sandy Walsh dan Jordi Amat

Dalam statistik 5 pertandingan (H2H) terakhir kedua tim di ajang resmi, Cina lebih unggul atas skuad Garuda dengan 4 kemenangan dan sekali seri. 

BACA JUGA:Dirugikan Keputusan Wasit Ahmed Al Kaf, PSSI akan Kirim Surat Protes ke AFC

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada 2013 di ajang Kualifikasi Piala Asia. Dalam pertemuan pertama di Stadion Gelora Bung Karno pada 15 Oktober 2013 pukul 19.00 WIB, tim asuhan Jacksen F Tiago bermain imbang 1-1. 

Indonesia tertinggal terlebih dahulu melalui gol Xi Wu menit ke-36 dan berhasil disamakan oleh kapten timnas kala itu Boaz Salossa pada menit ke-67. 

BACA JUGA:Ditahan Imbang Bahrain 2-2, Ketua Umum PSSI Minta Timnas Fokus Lawan China

Dan dipertemukan kedua di Cina pada 15 November 2013, Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor tips 1-0. Gol tunggal Negeri Tirai Bambu itu dicetak oleh Lei Wu melalui sundulan tepat sebelum jeda turun minum menit ke-45+1.

Indonesia juga pernah bertemu Cina diajang Piala Asia 2004. Dalam turnamen tersebut, Cina yang menjadi tuan rumah berhasil menghadapi Timnas Garuda dengan skor telak 5-0.

BACA JUGA:Hasil Bahrain Vs Indonesia 2-2, Gol di Perpanjangan Waktu Membuat Timnas Garuda Harus Puas Bermain Imbang

Saat itu Indonesia dilatih oleh Pelatih Ivan Kolev dan diisi pemain semacam Rochy Putiray, Budi Sudarsono, Elie Aiboy, Ponaryo Astaman, Alex Pulalo dan kiper Hendro Kartiko. Sayangnya pada saat itu Cina gagal menjadi juara usai dikalahkan Jepang di Final dengan skor 1-3.

BACA JUGA:Shin Tae-yong: Bila AFC Ingin Maju, Wasit Perlu Diperbaiki

Trakhir kali timnas Indonesia berhasil menang atas Cina itu terjadi pada tahun 1966 di ajang Asian Games. Saat itu Indah menang dengan skor 3-1. (rid) 

 

Sumber: