Shin Tae-yong: Bila AFC Ingin Maju, Wasit Perlu Diperbaiki

Shin Tae-yong: Bila AFC Ingin Maju, Wasit Perlu Diperbaiki

Pelatih Shin Tae-yong. (Dok PSSI)--

BAHRAIN, MEMORANDUM.CO.ID - Indonesia hampir saja meraih 3 poin saat menghadapi tuan rumah Bahrain di Stadion Nasional Bahrain, Kamis 10 Oktober 2024 malam. Kemenangan didepan mata buyar usai Bahrain berhasil mencetak gol di penghujung laga yang sebenarnya sudah habis dan membuat skor menjadi imbang 2-2.

Indonesia tertinggal terlebih dahulu melalui tembakan bebas Mohamed Jasim Marhoon menit ke-15 dan disamakan Ragnar Oratmangoen menit ke-45+3. Kemudian berbalik unggul menit ke-74 melalui Rafael Struick dan disamakan Marhoon di penghujung laga tepatnya menit 90+9.

Sebenarnya gol tersebut bisa diperdebatkan sebab waktu tambahan yang diberikan wasit hanya 6 menit. 

BACA JUGA:Hasil Bahrain Vs Indonesia 2-2, Gol di Perpanjangan Waktu Membuat Timnas Garuda Harus Puas Bermain Imbang

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengapresiasi kinerja anak asuhnya yang berjuang keras hingga akhir pertandingan. 

“Kedua tim melakukan yang terbaik sampai wasit meniupkan peluit panjang. Akan tetapi, saya harus memastikan kembali terkait dengan keputusan-keputusan wasit di pertandingan tadi. Bila AFC ingin semakin maju, maka keputusan dan kepemimpinan wasit juga perlu diperbaiki,” kata Pelatih adal Korea Selatan tersebut dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan.

Mengenai gol menit akhir Bahrain, pelatih 53 tahun tersebut menyayangkan hal tersebut terjadi. Ia juga memaklumi ketika para pemainnya mengajukan protes usai pertandingan berakhir.

BACA JUGA:Sibuk di Timnas U-20, Toni Firmansyah Bertekad Ingin Kejar Ketertinggalan di Persebaya

“Soal tambahan waktu, seharusnya enam menit namun menjadi lebih dari sembilan menit. Lalu, keputusan-keputusan wasit yang menurut saya bias. Saya rasa semua orang bisa memahami kenapa para pemain kami kesal dengan keputusan-keputusan tersebut,” tuturnya mengakhiri pembicaraan.

Saat ini posisi timnas Indonesia harus turun satu peringkat ke posisi kelima dengan raihan 3 poin. Sebab dalam pertandingan lainnya, Australia berhasil menang atas China dan menyalip peringkat timnas. 

Timnas Indonesia langsung menatap pertandingan keempat babak tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan menghadapi China pada Selasa 15 Oktober 2024. Kembali menjalani pertandingan tandang, tim langsung terbang ke Qingdao empat jam setelah pertandingan menghadapi Bahrain.(rid)

Sumber: