Pelatihan Mitigasi Bencana Rutin Digelar di Surabaya

Pelatihan Mitigasi Bencana Rutin Digelar di Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya menggelar pelatihan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran. -Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Sebagai upaya peningkatan kemampuan mitigasi bencana alam di Kota Surabaya, pemerintah kota menggelar  pelatihan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Minggu 13 Oktober 2024.

BACA JUGA:Polisi Bersama Tagana Bersihkan Pohon Tumbang di Jalan Pantura Kapongan Situbondo

Pelatihan tersebut difokuskan pada pemasangan shelter (tenda pengungsi) dan dapur umum. Turut hadir penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Surabaya Restu Novi Widiani

BACA JUGA:Gubernur Khofifah Salurkan Bantuan Serta Kirim TRC dan Tagana Banjir Lahar Dingin Lumajang

Pjs Restu Novi mengatakan bahwa pelatihan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kemapuan mitigasi bencana Tagana Kota Pahlawan. Sehingga Tagana akan selalu siap siaga dalam menghadapi bencana alam maupun bencana sosial. 

BACA JUGA:Penuhi Kebutuhan Korban Puting Beliung, Tim Tagana Dinsos Buka Dapur Umum

"Hari ini saya menghadiri kegiatan Tagana yang diinisiasi oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya. Saya melihat Tagana Surabaya sudah terlatih tapi memang harus meningkatkan kompetensinya mengikuti perkembangan bencana yang terjadi saat ini," katanya. 

BACA JUGA:Peduli Semeru, Begini Aksi Petagana Tulungagung

Menurutnya, dengan peningkatan kemampuan yang terus menerus dilakukan seperti saat ini, maka Tagana Surabaya bisa menjadi garda terdepan dalam mitigasi bencana yang terjadi di Surabaya maupun Provinsi Jatim.

BACA JUGA:Petagana Tulungagung Bantu Pembangunan Dua Tempat Ibadah

"Pelatihan akan memperkuat tim Tagana, tidak hanya di Surabaya tapi juga Jatim. Seperti yang kita ketahui dalam penangganan bencana akan selalu dilakukan kolaborasi dari banyak pihak. InsyaAllah ketika ada bencana seluruh tim Kota Surabaya akan bergerak bersama," ujarnya.

BACA JUGA:Wawali Batu Ajak Tagana dan Warga Gotong Royong Atasi Bencana

Di sisi lain, Pjs Restu Novi berharap pelatihan yang dilakukan oleh Tagana bisa semakin disebarluaskan kepada masyarakat luas, khususnya di lingkungan sekolah.

BACA JUGA:Penuhi Kebutuhan Makan Warga Terdampak Banjir, Dapur Umum Tagana Suplai Nasi Bungkus

Sumber: