Antisipasi Banjir dan Macet, DPRD Surabaya Minta Proyek Box Culvert Babat Jerawat Selesai Tepat Waktu

Antisipasi Banjir dan Macet, DPRD Surabaya Minta Proyek Box Culvert Babat Jerawat Selesai Tepat Waktu

Yona Bagus Widyatmoko.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - DPRD Surabaya mendorong pengerjaan box culvert di Jalan Raya Babat Jerawat selesai tepat waktu. Selain itu, proyek multiyears tersebut diharapkan dikerjakan secara komprehensif. Sehingga berfungsi optimal sebagai pengendali banjir di kawasan Surabaya Barat.

BACA JUGA:Sebabkan Macet, Komisi C Dorong Percepatan Pembangunan Box Culvert di Babat Jerawat-Benowo

"Pemasangan box culvert di sepanjang Jalan Babat Jerawat menjadi upaya pemerintah kota untuk mengentaskan banjir. Karena itu, diharapkan dapat selesai tepat waktu namun tetap memastikan pengerjaan dilakukan secara terukur," kata anggota DPRD Surabaya Yona Bagus Widyatmoko, Jumat 4 Oktober 2024.

BACA JUGA:Pemasangan Box Culvert di Jembatan Dermo, Jalan Nasional Crowded

Seperti diketahui, proyek box culvert berukuran jumbo di saluran diversi Babat Jerawat tersebut menelan anggaran Rp 45 miliar.

Pemkot melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya menargetkan selesai Oktober untuk pemasangan sepanjang 500 meter.

BACA JUGA:Pembangunan Box Culvert Babat Jerawat-Pakal Dilanjutkan, Telan Anggaran Rp 45 M

Yona menekankan pentingnya penuntasan proyek sebelum musim hujan. Selain agar tak menghambat progres pengerjaan, juga bisa segera termanfaatkan ketika hujan intensitas tinggi melanda kota.

"Jangan sampai ketika musim hujan datang, proyek tersebut belum selesai. Dikhawatirkan nanti akan timbul masalah baru," jelasnya.

"Selain banjir yang belum teratasi, juga berpotensi menimbulkan kemacetan dan rawan kecelakaan di sekitar lokasi akibat material proyek. Termasuk pula kondisi jalan yang licin karena debu dan tanah  berserakan apabila nanti terkena air hujan," sambung Yona.

BACA JUGA:Belasan Box Culvert Dibiarkan Mangkrak 3 Bulan, Pelaku Usaha di Jalan Ngaglik Sambat

Oleh sebab itu, politisi Gerindra ini minta pengerjaan proyek box culvert selesai sesuai target. Tidak hanya di Babat Jerawat, namun juga di titik lainnya.

"Kalau ditargetkan selesai Oktober, maka harus diselesaikan Oktober. Hal ini penting untuk meminimalisir dampak-dampak yang ditimbulkan," tegas dia.

BACA JUGA:Box Culvert Jalan Pasar Turi Ambles, Dump Truk Muat Pasir Terperosok

Sumber: