Kepala BHP Surabaya Tekankan Pentingnya Upaya Recovery dalam Kepailitan oleh Kurator Negara

Kepala BHP Surabaya Tekankan Pentingnya Upaya Recovery dalam Kepailitan oleh Kurator Negara

Kepala Balai Harta Peninggalan (BHP) Surabaya Kanwil Kemenkumham Jatim Hendra Andy Satya Gurning.-Sujatmiko-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Urgensi kepailitan sebagai penyelesaian masalah keuangan semakin dirasakan dampaknya oleh Masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut, Kepala Balai Harta Peninggalan (BHP) Surabaya Kanwil Kemenkumham Jatim Hendra Andy Satya Gurning menekankan pentingnya upaya recovery dalam kepailitan oleh kurator negara.

BACA JUGA:Lantik 23 Pejabat Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN, Ini Pesan Kakanwil Kemenkumham Jatim

Hal itu disampaikan Hendra saat menjadi narasumber dalam seminar nasional bertajuk Efektivitas Peran dan Fungsi BHP Dalam Pengelolan Aset Pailit di Universitas Palangkaraya, Selasa 17 September 2024. Mengusung tema Efektivitas Peran dan Fungsi Balai Harta Peninggalan Dalam Pengelolan Aset pailit, seminar ini juga menghadirkan Erry Fitrya Primadhany selaku Akademisi dari IAIN Palangkaraya.

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Jatim Raih Predikat Terbaik I Atas Kinerja Penegakan dan Pelayanan Hukum Bidang KI

Dalam kesempatannya, Hendra menggambarkan seperti apa tugas BHP dalam menangani perkara kepailitan. Menurutnya penunjukkan BHP sebagai kurator akan memberikan banyak keuntungan. 

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Jatim Siap Sukseskan Renaksi dan Tarja DJKI Tahun 2025

“BHP sebagai kurator negara dalam biaya operasional didanai oleh negara sehingga harta pailit tidak akan terlalu tebebani,” terang Hendra.

BACA JUGA:Bahas Isu Aktual, Kakanwil Kemenkumham Jatim Terima Audiensi Kabinda Anyar

Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam menjamin iklim kemudahan berusaha dengan salah satu indikatornya adalah penyelesaian kepailitan. 

BACA JUGA:Peringati Hari Pengayoman Ke-79, Kakanwil Kemenkumham Jatim Pimpin Upacara Ziarah Rombongan

“Dengan segala resource yang kami miliki, kami selalu berupaya untuk memberikan kinerja terbaik yang kami bisa, terutama dalam hal pembagian harta pailit,” tutur Hendra. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Jatim Harap Peningkatan Disiplin dan Kekompakan Pegawai

Dengan beban harta pailit yang lebih ringan tersebut tentunya akan meningkatkan recovery rate dalam pelunasan utang kepada kreditor. (mik)

Sumber: