Long Weekend, Tretes Banjir Pengunjung Luar Kota

Long Weekend, Tretes Banjir Pengunjung Luar Kota

Kawasan Tretes Prigen saat masa liburan Long Weekend--

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Libur panjang atau long weekend dimanfaatkan masyarakat untuk healing sejenak. Salah satu destinasi yang menjadi primadona pengunjung luar kota adalah kawasan puncak Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Seperti yang terlihat pada Senin 16 September 2024, Kawasan wisata yang terkenal dengan udara sejuk dan air dingin ini dipadati pengunjung.

Kemacetan panjang mulai terlihat dari perempatan Kasri Pandaan hingga Tretes menjadi pemandangan umum. Hal ini menandakan tingginya minat masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan di Tretes.

BACA JUGA:Ngabuburit di Tretes, Mobil Jatuh ke Jurang

BACA JUGA:Satpol PP Garuk 10 PSK Tretes

Tidak hanya wisatawan lokal, namun pengunjung dari luar kotapun turut memadati kawasan wisata tersebut. Berbagai tempat wisata di Tretes, seperti Cimory Land, menjadi tujuan utama para wisatawan.

Selain menikmati keindahan alam dan wahana permainan yang tersedia, pengunjung juga tampak antusias mencicipi kuliner khas Tretes; jagung bakar, Sate Kelinci dan juga angsle-ronde. 

"Enak disini. Udaranya sejuk. Airnya segar. Ndk kalah sama di Batu. Sayangnya belum ada wisata besar disini," ujar Fahrur Rozi, wisatawan asal Surabaya. 

BACA JUGA:Polres Pasuruan Obok-Obok Tretes, Amankan 48 PSK

BACA JUGA:Garong 2 Alfamart untuk Foya-foya di Tretes, Pengamen Gadang Dibekuk Polisi

Nurdi, salah seorang pedagang jagung bakar di Tretes mengungkapkan, omzetnya meningkat drastis pada long weekend saat ini.

"Pengunjung hari ini sangat ramai. Kebanyakan dari luar kota," ujarnya.

Pihak terkait memperkirakan jumlah pengunjung yang datang ke Tretes selama libur panjang bisa mencapai sekitar 5.000 orang. Angka ini menunjukkan bahwa Tretes masih menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat, terutama saat musim liburan tiba.

"Kalau Pemdanya pintar lobi ke pengusaha Jakarta, Tretes bisa jadi alternatif wisata keluarga yang menarik selain Batu. Saya kira Tretes bisa luar biasa," cetus Supriyanto, pengunjung asal Gresik. (kd/mh)

Sumber: