RSIA Kendangsari Bagikan Tips Persiapan Kesehatan Jemaah Haji dan Umrah sebelum Berangkat

RSIA Kendangsari Bagikan Tips Persiapan Kesehatan Jemaah Haji dan Umrah sebelum Berangkat

dr Kusuma Tri Wahyuningtyas.-Istimewa-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam rangka mendukung kelancaran ibadah umrah dan haji, RSIA Kendangsari Surabaya turut berpartisipasi dalam Memorandum Haji Umrah Expo 2024 yang digelar di Royal Plaza Surabaya, Jumat 13 September 2024.

BACA JUGA:Fashion Show IPEMI Jatim Pukau Pengunjung Memorandum Haji Umrah Expo 2024

Dalam talk show itu, dr Kusuma Tri Wahyuningtyas, dokter umum RSIA Kendangsari Surabaya memberikan sejumlah tips penting bagi calon jemaah haji dan umrah.

BACA JUGA:Senam DI Style Meriahkan Pembukaan Memorandum Haji Umrah Expo 2024

"Kesehatan adalah hal yang paling utama sebelum berangkat umrah atau haji. Jika selama ini kita sehat, maka yang perlu diperhatikan adalah menjaga kondisi agar tetap prima. Namun, bagi yang memiliki penyakit kronis atau masalah kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter," ujar dr Kusuma Tri Wahyuningtyas.


dr Kusuma Tri Wahyuningtyas, dokter umum RSIA Kendangsari Surabaya ketika talk show di Memorandum Haji Umrah Expo 2024 di Royal Plaza.-Ali Muchtar-

dr Kusuma Tri Wahyuningtyas juga menyoroti perbedaan suhu yang signifikan antara Indonesia dan Arab Saudi.

BACA JUGA:Hari Ketiga Memorandum Haji Umrah Expo di Royal Plaza Dibanjiri Pengunjung

"Perbedaan suhu yang ekstrem bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk mengantisipasi hal ini, disarankan untuk minum air putih sekitar 200 ml setiap jam. Selain itu, konsumsi oralit satu sachet per hari juga sangat dianjurkan," jelasnya.

BACA JUGA:Memorandum Haji Umrah Expo 2024: Solusi Ibadah Nyaman, Buru Promo Menarik!

Gejala seperti pusing, sakit kepala, dan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari yang tinggi juga sering dialami jemaah. Dr Kusuma Tri Wahyuningtyas menyarankan agar jemaah segera mencari tempat yang teduh dan ber-AC jika mengalami gejala tersebut.

BACA JUGA:Memorandum Haji Umrah Expo Makin Semarak dengan Aksi Panggung SMALFA Band

"Kompres dengan air dingin juga dapat membantu meredakan gejala. Jika kondisi tidak membaik, segera hubungi petugas kesehatan," imbuhnya.

BACA JUGA:25 Travel Meriahkan Memorandum Haji Umrah Expo 2024

Sumber: