Kemendagri Kembali Apresiasi Kinerja Pj Bupati Tulungagung di Triwulan IV

Kemendagri Kembali Apresiasi Kinerja Pj Bupati Tulungagung di Triwulan IV

Pj Bupati Heru Suseno bersama Sekda Tri Haryadi dan OPD terkait --

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Kemendagri kembali menggelar evaluasi kinerja Pejabat Kepala Daerah, termasuk kinerja Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa 10 September 2024 oleh Itjen Kemendagri di Jakarta.

Hadir dalam kegiatan evaluasi itu Penjabat (Pj) Bupati Tulungagung, Dr. Ir. Heru Suseno, MT didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tulungagung Tri Haryadi beserta seluruh tim dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

BACA JUGA:Tekan Angka Backlog Perumahan, Pemkab Tulungagung Gelar Perkim Expo 2024

Dalam evaluasi tersebut, Pj Bupati Heru kembali mendapatkan apresiasi dari evaluator Kemendagri atas capaian dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab di triwulan IV masa penugasan sebagai penjabat kepala daerah.

Evaluasi kali ini melibatkan sejumlah aspek penilaian. Seperti tata kelola pemerintahan, pembangunan, keuangan, kesehatan serta program-program lainnya.

Pj Bupati Tulungagung, Heru Suseno menyampaikan dalam evaluasi ini pihaknya memaparkan 10 indikator prioritas yang memuat isu strategis. Di antaranya Peningkatan Kualitas Kesehatan, Penanganan Stunting, Pelayanan Publik, Penanganan Kemiskinan Ekstrem, Pengendalian Inflasi Daerah, Progres BUMD di Kabupaten Tulungagung, Kemudahan Perizinan, Penanganan Pengangguran, Penyerapan Anggaran, serta kegiatan unggulan yang sudah dilaksanakan dan akan dilaksanakan ke depannya.

BACA JUGA:Pemkab Tulungagung Berikan Penghargaan Satyalencana Karya Satya pada Peringatan HUT ke 79 RI

“Salah satu yang patut dibanggakan terkait tingkat kemiskinan Kabupaten Tulungagung pada tahun 2024 yang baru saja dirilis BPS sebesar 6,28 persen. Di mana, angka ini konsisten menurun dari tahun ke tahun terakhir menurun 0,25 persen dari tahun 2023 sebesar 6,53 persen. Namun demikian, terus diupayakan turun dengan berbagai upaya, di antaranya mendistribusikan jaminan sosial tepat waktu, menggerakkan perekonomian lokal dengan penerapan kebijakan fiscal counter cyclical, menyelenggarakan pekan belanja rakyat, serta pengendalian inflasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Heru berharap pemerintah Kabupaten Tulungagung terus meningkatkan efektivitas pemerintahan di tingkat kabupaten, dan terus melakukan upaya pembenahan serta peningkatan, terutama dalam hal-hal yang masih menjadi tantangan di daerah. (fir/fai)

Sumber: