Perekaman Biometrik Tidak Pernah Tembus Target

Perekaman Biometrik Tidak Pernah Tembus Target

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dispendukcapil Kabupaten Malang Subianto.-Ariful Huda-

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Malang, selama dua tahun terakhir tidak bisa memenuhi target. Dalam perekaman biometrik terhadap penduduk, yang akan dan sudah 17 tahun. Padahal data itu sebagai pendukung terlaksananya Pilkada Serentak 2024, agar semua bisa ikut berpartisipasi dalam memiliki bupati dan wakilnya.

BACA JUGA:Cegah Covid-19, Dispendukcapil Kabupaten Malang Keliling Layani Cetak KTP

"Memang kegiatan perekaman biometrik adalah salah satunya untuk mendukung Pilkada Serentak 2024," ujar Subianto, Kabid Pengelolaan Adminduk Dispendukcapil Kabupaten Malang, Senin 9 September 2024.

Subianto menjelaskan, dalam perekaman biometrik pihaknya juga mengalami kendala, terkait adanya warga yang sekolah, sedang magang maupun mondok di luar daerah. Dengan begitu dalam waktu dua tahun terakhir tidak bisa menyelesaikan, pelaksanaan perekamam secara tuntas sesuai dengan target yang telah ditentukan.
BACA JUGA:Ribuan Warga Belum Punya KTP, Disdukcapil Kabupaten Malang Gelar Program Jebol Anduk

Seperti pada 2023 hanya bisa pada kisaran 85 persen, sedangkan untuk tahun ini hingga tanggal 30 Agustus 2024 (cut off) hanya tercapai angka 35.385 (65,35 persen) dari target sebesar 52.541 orang. Guna mencapai target pihak dispendukcapil bersurat, pada seluruh camat karena saling bersinergi.

"Atas surat tersebut camat melanjutkan pada kades, agar menginformasikan pada warganya untuk melakukan perekaman di kecamatan," kata Subianto.

BACA JUGA:Disdukcapil Kabupaten Malang Lakukan Perekaman Biometrik Siswa SMA

Surat yang dikirimkan ke camat, lanjut Subianto, sudah langsung by name by address, selain itu juga melakukan koordinasi dengan cabang dinas pendidikan Jatim. Guna mendapatkan data potensi, bagi pemilih pemula pada sekolah masing- masing untuk dilakukan perekaman.

"Jika sudah mendapatkan data, langsung bisa dilakukan perekaman biometrik pada sekolahan," imbuhnya.

Disamping itu nanti menjelang atau kurang satu bulan Pilkada, kita lakukan perekaman dengan mengundangmereka secara by name by addres untuk lakukan perekaman. Sedangkan untuk cetak keping KTP-nya bisa dilakukan paling cepat besoknya.

Perlu diketahui hingga saat ini dan juga untuk memenuhi kebutuhan KTP bagi pemilih pemula tidak ada kendala, karena ketersediaan logistik KTP masih cukup banyak.

"Untuk setiap harinya melakukan pencetakan secara rata-rata 700 keping KTP," tutup Subianto. (kid)

Sumber: