Rebutan Kursi ASN, Pemkab Jember Banjir Ribuan Pelamar CPNS

Rebutan Kursi ASN, Pemkab Jember Banjir Ribuan Pelamar CPNS

Kepala Bagian Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Jember Sukowinarno--

JEMBER, MEMORANDUM.CO.ID - Persaingan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Jember semakin sengit. Terbukti dengan membanjirnya pendaftar pada seleksi CPNS tahun 2024. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 7.499 orang telah mengirimkan berkas lamaran.

Angka ini sangat kontras dengan jumlah formasi yang tersedia, yakni hanya 250. Hal ini menunjukkan tingkat ketertarikan masyarakat yang sangat tinggi untuk menjadi bagian dari aparatur sipil negara.

BACA JUGA:Pemkab Jember Apresiasi PTPN I Regional 4 Kebun Tembakau Peduli Penurunan Stunting

Formasi Penyuluh Pertanian Ahli Pertama menjadi yang paling diminati, dengan jumlah pendaftar mencapai 629 orang. Padahal, formasi yang tersedia hanya 5. Posisi ini disusul oleh Analis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Pertama dan Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Ahli Pertama yang juga menjadi incaran para pelamar.

Kepala Bagian Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Jember Sukowinarno mengatakan, dari ribuan pelamar tersebut hanya 5.674 orang yang telah submit.

BACA JUGA:Pemkab Jember Kembali Gelar Festival Anggrek Sepekan

"Pada 9 September 2024 totalnya ada 7.499 pelamar, tapi yang sudah submit menerima konfirmasi pendaftaran sebanyak 5.674 orang," ujarnya, Senin 9 September 2024.

Menurutnya, pelamar CPNS tahun ini paling banyak memburu formasi Penyuluh Pertanian Ahli Pertama di Jember. Tercatat ada 629 pendaftar.

BACA JUGA:Pemkab Jember Gelar Penghijauan dan Bersih-bersih Sungai

"lima besar paling banyak pelamar, pertama adalah Penyuluh Pertanian Ahli Pertama sebanyak 629 pelamar. Sementara kebutuhannya hanya 5 formasi," kata Suko.

Selain itu, pelamar terbanyak kedua adalah formasi analisis sumber daya manusia aparatur ahli pertama. Kata dia, ada 543 pendaftar yang memasukan berkas.

BACA JUGA:Pemkab Jember Apresiasi Polres Gelaran Pelatihan Sispamkota

"Sementara jumlah formasinya hanya 3 saja. Pelamar terbanyak selanjutnya adalah pengelola pengadaan barang dan jasa ahli pertama, pelamarnya mencapai 534 orang. Yang dibutuhkan hanya 20 formasi," ucap Suko.

Suko mengatakan pelamar juga memburu formasi instruktur ahli pertama pada seleksi CPNS 2024. Bahkan pendaftarnya mencapai 252 pendaftar.

Sumber: