Tiga Kali Pasar Pasrepan Terbakar, Polisi Bakal Periksa Kepala Pasar dan Penjaga

Tiga Kali Pasar Pasrepan Terbakar, Polisi Bakal Periksa Kepala Pasar dan Penjaga

Kebakaran dahsyat yang menghanguskan ratusan lapak PKL di Pasar Pasrepan--

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Tragedi kebakaran melanda Pasar Pasrepan, Kabupaten PASURUAN, pada Senin 9 September 2024, dini hari. Kebakaran yang menimpa ratusan lapak pedagang kaki lima (PKL) ini membuat aparat penegak hukum turun tangan menyelediki penyebab kebakaran. Apalagi, kebakaran Pasar Pasrepan ini tercatat sudah kali ketiga. 

Kapolsek Pasrepan, AKP Slamet Wahyudi mengungkapkan, pihaknya telah memulai penyelidikan untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran. 

"Kami akan memeriksa kepala pasar dan petugas penjaga malam untuk mengetahui kronologis kejadian," ujar AKP Slamet.

BACA JUGA:Pasar Pasrepan Terbakar, Ratusan Lapak Pedagang Ludes

Berdasarkan keterangan saksi, api pertama kali terlihat di bagian tengah pasar dan dengan cepat merembet ke lapak-lapak lainnya. Kondisi lapak yang terbuat dari bahan mudah terbakar membuat api semakin sulit dipadamkan.

"Perkiraan sementara, sekitar 42 kios yang berada di sekitar lapak PKL. Termasuk yang di lantai dua, mengalami kerusakan parah akibat kebakaran ini," tambah Kapolsek.

Diketahui, total jumlah lapak PKL di Pasar Pasrepan mencapai 227 unit. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan saat ini masih melakukan pendataan dan perhitungan kerugian yang dialami para pedagang akibat peristiwa tersebut.

BACA JUGA:Kebakaran Pasar Baru 2 Gresik, Puluhan Stan Hangus

Kebakaran besar ini tentu saja menimbulkan kerugian materiil yang cukup besar bagi para pedagang. Selain kehilangan tempat berjualan, banyak di antara mereka juga kehilangan seluruh barang dagangannya. Di sisi lain, polisi masih mendalami penyebab kebakaran ini, apakah ada korseleting listrik, human error ataukah ada unsu kesengajaan. Karena pasar Pasrepan sudah terbakar minimal 3 kali ini. "Penyebabnya masih kita dalami," tegas Kapolsek.(kd/mh)

Sumber: