Inilah 5 Daftar Kecamatan di Kabupaten Madiun dengan Wilayah Terluas Menurut BPS Madiun

Inilah 5 Daftar Kecamatan di Kabupaten Madiun dengan Wilayah Terluas Menurut BPS Madiun

Madiun--https://madiunkab.go.id/

Selain itu, potensi terbesar yang ada di Saradan yaitu pada sektor pertanian, berupa hasil produksi padi, jagung, dan singkong.

BACA JUGA:7 Kecamatan Terluas di Jombang, Apakah Kecamatanmu Salah Satunya?

3. Kecamatan Gemarang

Gemarang juga tercatat sebagai salah satu kecamatan dengan wilayah terluas di Kabupaten Madiun.

Gemarang memiliki luas wilayah 101,97 km2 yang menjadikan kecamatan ini menduduki urutan ketiga sebagai salah satu kecamatan dengan wilayah terluas di Kabupaten Madiun.

Adapun beberapa desa yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Gemarang yaitu Desa Winong, Tawangrejo, Sebayi, Nampu, Gemarang, Durenan, dan Batok.

Kecamatan Gemarang memiliki wilayah yang bervariasi yaitu dataran rendah hingga dataran tinggi atau perbukitan.

Kawasan Gemarang terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunan seperti jagung dan singkong.

Selain itu, karena letaknya di perbukitan, menjadikan Gemarang sebagai kawasan yang menghasilkan sumber air yang melimpah sehingga dapat dijadikan sebagai pusat irigasi untuk mengairi sawah dan juga perkebunan di sekitarnya.

BACA JUGA:Luas Tanam Tembakau di Lamongan 2024 Meningkat Menjadi 9.638 Ha

4. Kecamatan Pilangkenceng

Pilangkenceng merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Madiun yang lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Ngawi dan Bojonegoro.

Kecamatan Pilangkenceng merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Madiun yang memiliki wilayah terluas urutan keempat.

Luas wilayahnya ialah mencapai 81,34 km2.

Adapun desa yang termasuk ke dalam wilayah kecamatan Pilagkenceng yaitu Desa Bulu, Dawuhan, Duren, Gandul, Kedungbanteng, Kedungmaron, Kedungrejo, Kenongorejo, Krebet, Luworo, Muneng, Ngale, Ngengor, Pilangkenceng, Pulerejo, Purworejo, Sumbergandu, dan Wonoayu.

Sumber: