Bromo Marathon 2024 Dongkrak Pariwisata Pasuruan

Bromo Marathon 2024 Dongkrak Pariwisata Pasuruan

Salah satu peserta Bromo Marathon 2024 berhasil mencapai garis finish--

PASURUAN, MEMORANDUM.CO.ID - Even lari bertajuk Bromo Marathon International 2024 resmi dihelat pada Minggu 1 September 2024, pagi. Event tingkat internasional ini diikuti oleh sekitar 1.600 peserta dari 22 negara.

Antusiasme peserta terlihat saat start pagi hari. Dinginnya kabut Bromo tidak menyurutkan antusiasme peserta lari Maraton. Habib Tiour, salah satu peserta asal Perancis mengaku bangga. Ia berhasil meraih finish pertama pada kategori 10 KM. 

Habib mengaku sangat menikmati keindahan alam Bromo selama mengikuti lomba. "Ini adalah pengalaman pertama yang luar biasa. Saya sangat terkesan dengan keindahan alam Bromo dan keramahan masyarakatnya," ujarnya didampingi sang penerjemah. 

BACA JUGA:Bromo Marathon International Bakal Kembali Digelar

Keberhasilan event ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pasuruan. Selain itu, mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat.

Event lari tahunan ini tidak hanya menjadi ajang olahraga, namun juga sebagai sarana promosi pariwisata Kabupaten Pasuruan, khususnya di kawasan Gunung Bromo.

Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto mengungkapkan harapannya agar Bromo Marathon dapat menjadi agenda tahunan yang semakin berkembang. "Setiap tahun, partisipasi peserta terus meningkat. Baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Ini menunjukkan bahwa event ini sangat diminati," ujarnya.

BACA JUGA:FORKOT 1 Kota Malang Digelar Marathon, Ini Jadwalnya

Andriyanto juga menekankan pentingnya kolaborasi berbagai pihak untuk mendukung keberlangsungan Bromo Marathon. "Kami berharap pemerintah Provinsi Jawa Timur juga ikut mendukung event ini. Kolaborasi yang kuat akan semakin mengoptimalkan dampak positif dari Bromo Marathon, terutama dalam mempromosikan destinasi wisata Bromo," imbuhnya.

Senada dengan Andriyanto, Kepala Bakorwil III Malang, Asep Kusdinar juga mengapresiasi suksesnya Bromo Marathon 2024. "Bromo merupakan kawasan yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata kelas dunia. Dengan adanya event seperti Bromo Marathon ini, kita semakin memperkenalkan Bromo ke kancah internasional," kata Asep.

Asep menambahkan, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas Bromo Marathon di tahun-tahun mendatang. "Kami akan lakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan tahun ini. Selain itu juga akan mencari inovasi-inovasi baru untuk menarik lebih banyak peserta lagi," ujarnya. (Hari Mujianto/Muhammad Hidayat)

Sumber: