KPU Kabupaten Madiun Terima 2 Paslon Mendaftar

KPU Kabupaten Madiun Terima 2 Paslon Mendaftar

Nur Anwar.--

MADIUN, MEMORANDUM.CO.ID - Hari ke dua pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati dibuka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun langsung diserbu dua pasangan calon (paslon). Rabu 28 Agustus 2024, KPU menerima paslon Madiun Menyala (Ahmad-Sandi melanjutkan yang lama), kemudian siangnya menerima paslon Harmonis (Hari Wuyanto-Purnomo Hadi). 

Ketua KPU Kabupaten Madiun, Nur Anwar mengatakan keduanya telah membawa berkas syarat calon dan syarat pencalonan. Baik rekomendasi B1.KWK dari DPP parpol dan kepengurusan DPC, hingga visi-misi untuk merumuskan tujuan kepemimpinan lima tahun kedepan. 

"Per hari ini sudah ada dua paslon yang daftar. Kita juga masih membuka kesempatan besok (29/8) sampai pukul 23.59 WIB," ucapnya. 

BACA JUGA:Diiringi Ratusan Kader dan Simpatisan, Paslon Madiun Menyala Mantab Macung Pilkada 2024

Setelah resmi mendaftar, berkas persyarakat yang dikumpulkan akan diverifikasi oleh KPU apakah memenuhi syarat atau tidak. Disisi lain, masing-masing paslon baik Madiun Menyala maupun Harmonis akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RS dr. Sutomo Surabaya, yang dijadwalkan Kamis (29/8).  

"Berkas sudah kita verifikasi mulai hari ini, petapan calon kepala daerah tanggal 22 September kemudian 23 September pengundian nomor urut paslon," terang Nur Anwar. 

BACA JUGA:Powerfull, 12 Parpol Berkoalisi Dukung Paslon Harmonis

Menurutnya, kedua paslon memiliki kekuatan koalisi masing-masing. Berdasarkan data dari Silon KPU, Madiun Menyala diusung PDIP dan Demokrat. Sementara Harmonis, mendapat dukungan dari Partai Golkar, PKB, PKS, Gerindra, Nasdem dan Hanura. Sementara untuk parpol non parlemen yakni, PKN, Partai Ummat, Partai Gelora, Partai Garuda, PAN dan PSI. 

"Semua ada rekom dari DPP dan itu sudah diupload di Silon termasuk B1.KWK," tandasnya. (dif/ju)

Sumber: