Tingkatkan Kemampuan Nakes, CDC RS Mata Undaan Adakan Seminar dan Pelatihan Eksisi Kornea

Tingkatkan Kemampuan Nakes, CDC RS Mata Undaan Adakan Seminar dan Pelatihan Eksisi Kornea

Tenaga kesehatan di bidang mata antusias mengikuti seminar bertajuk Save The Endothel Save The Future.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Cornea Donation Center (CDC) RS Mata Undaan Surabaya kembali mengadakan seminar nasional dan pelatihan mengenai eksisi kornea, Sabtu-Minggu, 24-25 Agustus 2024. Agenda tahunan kali ini mengusung tema Save The Endothel Save The Future.

BACA JUGA:RS Mata Undaan Surabaya Resmi Buka Poli Mata Terbaru di RS Nahdlatul Ulama Babat

Ketua CDC RS Mata Undaan Surabaya dr Dini Dharmawidiarini SpM K menuturkan, seminar dan pelatihan ini diinisiasi sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dokter umum, dokter spesialis mata, perawat, dan sejawat dalam eksisi kornea, transplantasi kornea, dan bank mata.

BACA JUGA:Percepat Pemberantasan Kebutaan, Bupati Resmikan RS Mata Pertama di Lamongan

"Melalui kegiatan ini, kami ingin menggerakkan publik untuk semakin sadar donor kornea. Juga para praktisi di bidangnya bisa semakin cakap dan terampil. Artinya, bisa melakukan persiapan dengan baik, tidak ada komplikasi terkait kerusakan kornea," jelas Dini.

BACA JUGA:Gubernur Khofifah Minta Tingkatkan Kualitas Layanan dan Kenyamanan Pasien RS Mata Jatim

Seminar yang diikuti 200 peserta se-Indonesia ini menghadirkan sejumlah pembicara. Termasuk narasumber yang datang berasal dari bank mata negara India. Yakni, Srinivas Gunnam.

BACA JUGA:P4MU Gelar Tasyakuran dan Bakti Sosial di Hari Jadi ke-108 di RS Mata undaaan Surabaya

Lalu 7 orang pembicara lainnya dari Indonesia di antaranya, Prof dr Tjahjono D Gondhowiardjo SpM K PhD, Dr dr Wimbo Sasono SpM K, dr Dini Dharmawidiarini SpM K, Dr Heni Wijayanti SpM MH, dr Tigor Santoso SpM, dr Andita Caesary SpM, dan dr Yuniar Sarah SpM.

BACA JUGA:CDC RS Mata Undaan Bantu Bank Mata Indonesia Perluas Cakupan Donor Kornea

Adapun tema yang diusung pada seminar nasional kali ini banyak membicarakan tentang komplikasi pascaoperasi dan seputar bank mata. Kemudian di samping pelatihan eksisi kornea, juga ada tambahan workshop persiapan operasi katarak.

BACA JUGA:Tingkatkan Kemampuan Nakes, CDC RS Mata Undaan Surabaya Gelar Cornea Masterclass

"Saya sendiri kembali diminta untuk jadi pembicara mengenai transplantasi kornea pada pasien pascaoperasi yang mengalami komplikasi kekeruhan kornea," tandas Dini, dokter mata asal Surabaya yang pernah meraih penghargaan Surgeon International Award Royal Australasian College of Surgeon ini.

BACA JUGA:Senam di RS Mata Undaan Surabaya, Komunitas SDI Style Peringati World Eye Donation Day 2023

Sumber: