Surabaya Bidik Transportasi Air untuk Atasi Kemacetan, Luncurkan Taksi Air 2025

Surabaya Bidik Transportasi Air untuk Atasi Kemacetan, Luncurkan Taksi Air 2025

Wisata perahu kalimas menawarkan nuansa lampu lampion di sepanjang rute Taman Prestasi sampai Taman Ekspresi. -Arif Alfiansyah-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam upaya mengatasi permasalahan kemacetan yang semakin parah, Pemerintah Kota SURABAYA berambisi untuk menghidupkan kembali jalur transportasi air di Sungai Kalimas

BACA JUGA:Wisata Perahu Kalimas, Menikmati Keindahan Kota Surabaya dengan Cara Berbeda

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan bahwa pihaknya akan mengembangkan transportasi Taksi Air pada tahun 2025. Transportasi air akan dihidupkan dengan memanfaatkan fungsi Sungai Kalimas. 

"Sebagai Kota Maritim, kita memanfaatkan air untuk transportasi," kata Wali Kota Eri, Selasa 20 Agustus 2024.

BACA JUGA:Kalimas Bersolek, Wisata Malam Kota Pahlawan Kian Memukau

Eri telah berdiskusi dengan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya terkait rencana pengembangan Taksi Air. Bahkan, Lantamal V Surabaya mendukung rencana pengembangan transportasi air tersebut

"Maka yang akan kita mulai itu InsyaAllah dari Gunungsari sampai ke Petekan. Nanti kita juga akan mencoba itu, jadi nanti mulai Gunungsari, kita buat Hub-nya di situ, kita nanti ada feeder (terkoneksi)," ujarnya.

BACA JUGA:3 Pilar Kompak Bersih-Bersih Bantaran Sungai Kalimas di Alun-alun Contong Surabaya

Untuk mendukung pengembangan Taksi Air, Wali Kota Eri mengungkapkan bahwa Pemkot Surabaya akan menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan kapal dalam penyediaan perahu. 

"Kalau Taksi Air saya pastikan akan tepat waktu, karena tidak ada halangan sama sekali," tuturnya.

BACA JUGA:Sasar Kaum Milenial, Pelindo Gencarkan Wisata Kalimas

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajad menjelaskan bahwa Kota Pahlawan memiliki jaringan sungai yang menyebar hingga pedalaman.

"Secara historis, merupakan jaringan transportasi yang digunakan untuk mobilitas baik orang maupun barang, terutama pada Sungai Kalimas yang menjadi sungai utama dalam transportasi,” kata Irvan.

BACA JUGA:Kembangkan Wisata Air Kalimas, Wali Kota Surabaya Himpun Masukan dari Insan Pers

Sumber: