Patroli Malam Kawasan Rawan Tindak Kejahatan, Polres Bangkalan Cegah Gangguan Kamtibmas

Patroli Malam Kawasan Rawan Tindak Kejahatan, Polres Bangkalan Cegah Gangguan Kamtibmas

Personel tim gabungan patroli malam Polres memantau jada keamanan di kompleks Stadion Gelora Bangkalan jalan Soekarno-Hatta.-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM.CO.ID - Giat patroli malam personel Polres Bangkalan rutin pantau sikon kawasan rawan tindak kejahatan. Terutama aksi curas, curat dan curanmor (3C). Ajang balap motor liar yang kerap meresahkan warga juga menjadi target pantauan polisi. Targetnya untuk cegah ragam gangguan kambtimas. 

“Muara tujuannya, agar waga di wilayah hukum Polres bisa hidup tenang, nyaman dan bebas dari gangguan tindak kejahatan,”kata Kasi Humas Polres, Iptu Rina Wijayati, Senin 19 Agustus 2024.

Di kawasan jantung Kota Bangkalan, Kapolres AKBP Febri Isman Jaya, lanjut Kasi Humas, menyampaikan arahan agar personel gabungan Satsamapta, Satreskrim dan Saltantas,  rutin awasi beberapa lokasi rawan aksi 3C melalui rutinitas giat patroli malam.

BACA JUGA:Wakapolres Bangkalan Ajak Warga Bersinergi Dukung Deklrasi Damai Pilkada Serentak

Salah atergetnya adalah kompleks Pumara (Pusat Makanan Rakyat) yang bersisian dengan Stadion Gelora Bangkalan (SGB) di Jalan Soekerno-Hatta. Kasawan disepanjang jalan kembar tak jauh dari Mpolres, ini kaprah menjadi jujukan warga, utamanya kawula muda, untuk begadang rame-rame hingga larut malam. Jadi termasuk peta rawan aksi 3C, pesta miras, juga bursa peredaran narkoba.

Amanah tugas ini disikapi dengan sigap. Dibawah koordinasi Kasatsamapta, AKP Buntoro, tim  gabungan patroli malam Polres yang kaprah digeber mulai pukul 20.00 s/d 03,30 dini hari, kembali menjelajahi kawasan rawan, Sabtu s/d Senin 19 Agustus 2024 dini hari.

”Sasarannya tidak hanya fokus pantau sikon kamtibmas di kompleks Pumara dan sekiarnya,” tandas Iptu Risna. Tetapi juga menyisir beberapa kawasan rawan lainnya. Diantaranya sepanjang jalan kembar di Desa Bilaporah, Kecamatan Socah, menuju Pasarean (makam-red) KH Moh Kholil di Desa Mertajasah,Kecamatan Bangkalan.

BACA JUGA:Polres Bangkalan Gelar Simulasi Tactical Floor Games Jelang Pilkada Serentak

Sepanjang jalan Ki Lemah Duwur dan Jalan Raya Sekep di Kelurahan Bancaran, juga jadi target pantauan. “Jika sudah larut malam, di dua lokasi ini  tergolong rawan aksi 3C, begal motor dan balap motor liar,” timpal Kasat Samapta AKP Buntoro.

Beban tugas tim patroli tidak hanya sebatas itu. Sebaran obyek vital (obvit) seperti lembaga perbankan, pusat berbelanjaan, restoran, cafe , RSUD,  SPBU dan kompleks perkantoran Pemkab yang tersebar di jalan Soekarno-Hatta, Jalan KH Moh Kholil, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Trunojoyo, Jalan Halim Perdana Kusuma dan Jalan KRE Martadinata, juga menjadi titik pantau tim patroli malam.

Di luar jantung Kota Bangkalan, tim patroli Polres, rutin pula menyisir sepanjang jalan akses Kampus Univesitas Tunojoyo (UTM) di Desa Telang, Kecamatan Kamal, hingga ke jalan akases Jembatan Suramadu  sisi Madura di Desa Morkepek, Kecamatn Labang.

BACA JUGA:Terekam CCTV, Satreskrim Polres Bangkalan Bekuk Maling Burung Murai di Perum Griya Abadi

Di sekitar jalan akses ini,terutama  deretan rumah kos mahasiswa yang tersebar di sekitar Kampus UTM, kerap  menjadi sasaran aksi curanmor.” Alhamdulillah, dalam tiga hari terakhir ini, beberapa kawasan yang jadi target giat patroli malam anggota terpantau aman dan kondusif,” pungkas AKP Buntoro.(ras/day)

Sumber: