Surabaya Raih 23 Penghargaan Kampung Iklim, Eri Cahyadi: Jadi Kado Terindah HUT Ke-79 RI

Surabaya Raih  23 Penghargaan Kampung Iklim, Eri Cahyadi: Jadi Kado Terindah HUT Ke-79 RI

Trofi dan Piagam Penghargaan Program Kampung Iklim Lestari dari KLHK yang diserahkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada Kelurahan Pagesangan.-Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Wali Kota SURABAYA Eri Cahyadi menyerahkan penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI kepada 23 kampung di SURABAYA, Jumat 16 Agustus 2024. SURABAYA pun menjadi satu-satunya kota yang memboyong penghargaan Proklim terbanyak se-Indonesia.

BACA JUGA:Pagesangan dan Banjar Sugihan Raih ProKlim Lestari Kementerian LHK

Eri pun menyampaikan apresiasi kepada seluruh kelurahan yang telah aktif dalam Program Kampung Iklim tersebut. Sebab, program ini merupakan sebuah gerakan  mengedukasi, dan memberdayakan masyarakat untuk berkontribusi secara aktif dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“HUT ke-79 RI, kita mendapat hadiah terindah dari Kementerian LHK sebanyak 23 penghargaan ProKlim. Satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan ProKlim yang paling banyak adalah Kota Surabaya. Ada kampung yang mendapat kategori Lestari, Utama, dan Mandiri. Ini menunjukkan bahwa kampung di Surabaya terus berinovasi untuk menjaga lingkungannya,” kata Eri di Balai Pemuda Surabaya.

BACA JUGA:Profil dan Harta Kekayaan Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemiarsono

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga menerima penghargaan berupa Piagam Apresiasi Pembina ProkLim Tahun 2024. Selain mengantarkan Surabaya sebagai penerima penghargaan terbanyak se-Indonesia, dua kampung di antaranya berhasil meraih penghargaan dengan kategori tertinggi dari Kementerian LHK berupa Trofi ProKlim Lestari. Yakni, kampung di Kelurahan Pagesangan dan RW 1 Banjar Sugihan.

BACA JUGA:Penggeledahan Gedung Setdaprov Jatim Tuntas, KPK Bawa 1 Koper Merah

“Dua kali berturut-turut mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Proklim di Kota Surabaya, semoga di tahun depan lebih banyak (kampung) dari tahun ini. Hingga tahun 2024, total Surabaya mendapatkan 59 penghargaan ProKlim. Bukan untuk penghargaannya, tetapi bagaimana menjaga dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman,” jelasnya.

Selain ProKlim Lestari, Kementerian LHK juga memberikan penghargaan ProKlim Utama kepada 21 kampung iklim di Surabaya. Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan menyiapkan lingkungan yang sehat untuk generasi selanjutnya.

BACA JUGA:Kejari Surabaya Serahkan Memori Kasasi ke PN Surabaya, Kasi Intel: Kami akan Buktikan Putusan Hakim Salah

“Saya berharap ke depan seluruh perkampungan di Kota Surabaya ini bisa menjadi kampung iklim, contoh ada salah satu kampung yang meraih ProKlim Mandiri di Maspati Kecamatan Bubutan. Maka kita akan membuat melalui Perwali sehingga nanti semua kampung di Surabaya bisa semangkin banyak menjadi kampung iklim,” terangnya.

BACA JUGA:Kejari Surabaya Serahkan Memori Kasasi ke PN Surabaya

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Dedik Irianto mengatakan, Program Kampung Iklim untuk mengajak masyarakat lebih peka dalam melakukan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Seperti memasang biopori, serta memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya ikan atau menanam tanaman agar bisa menjaga ketahan pangan di kampungnya masing-masing.

BACA JUGA:Ditegur Wali Kota, Kadisbudporapar Minta Maaf Atas Tagihan Biaya Sewa Venue AFF

Sumber: