Apresiasi Jasa dan Pengabdian Luar Biasa Gerakan Pramuka Jatim, Khofifah Terima Penghargaan Lencana Melati

Apresiasi Jasa dan Pengabdian Luar Biasa Gerakan Pramuka Jatim, Khofifah Terima Penghargaan Lencana Melati

Ketua Mabida Gerakan Pramuka Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa menerima penganugerahan tanda penghargaan Lencana Melati dalam upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 --

SURABAYA, MEMORANDUM - Ketua Mabida Gerakan Pramuka Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa menerima penganugerahan tanda penghargaan Lencana Melati dalam upacara Peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 yang digelar di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta, Rabu 14 Agustus 2024. 

Penghargaan Lencana Melati tersebut diserahkan secara simbolis pada Ketua Kwarda Pramuka Jawa Timur H M Arum Sabil yang hadir secara langsung pada upacara peringatan Hari Pramuka di Cibubur.

Penganugerahan Lencana Melati ini sendiri diberikan Kwarnas Pramuka pada Khofifah sebagai apresiasi atas jasa dan pengabdian yang luar biasa bagi kepentingan Gerakan Pramuka Jawa Timur. 

Terima kasih luar biasa kami sampaikan atas penghargaan  Lencana Melati bagi kami. Ini menjadi penyemangat bersama untuk terus menumbuhkan semangat Pramuka yang hebat, penuh asa di Jawa Timur,” tegas Khofifah

BACA JUGA:Pemuda Pancasila Surabaya Resmi Dukung Eri Cahyadi dan Khofifah di Pilwali dan Pilgub

Lebih lanjut ia menyebut bahwa gerakan kepanduan Pramuka memiliki peran penting dalam menyiapkan generasi muda berjiwa Pancasila dan cinta tanah air. Karakter ini penting sebagai salah satu modal kuat dalam menghadapi tantangan global.

Pesan tersebut sejalan dengan tema Hari Pramuka tahun 2024 yakni 'Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI'. Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus ini sekaligus merupakan HUT Pramuka ke-63 Tahun 2024. 

"Penanaman nilai-nilai Pancasila ini menjadi salah satu kekuatan dan ciri khas dari kepanduan Pramuka. Tidak hanya menciptakan generasi cinta Pancasila dan NKRI, tapi gerakan pramuka adalah kawah candradimuka yang menempa generasi muda menjadi penerus bangsa yang tangguh, jujur, disiplin, dan amanah," kata Khofifah.

Khofifah mengatakan, Pramuka berperan dalam menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari. 

BACA JUGA:Anggota Madya dan Dewasa PKS Siap Menangkan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

"Ini juga menekankan tanggung jawab anggota Pramuka untuk aktif menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, serta berkontribusi dalam proses kemajuan bangsa. Sehingga selain mandiri, bertanggungjawab, seorang anggota Pramuka harus berjiwa Pancasila," katanya.

Menurutnya, Pramuka tidak hanya berperan dalam pembangunan karakter anggotanya, tapi juga berperan aktif dalam berbagai program pengabdian masyarakat. Dimana, anggota pramuka selalu terlibat dalam penanganan bencana, bakti sosial, dan pemberdayaan masyarakat.

"Partisipasi Pramuka dalam kegiatan tersebut tidak hanya membantu masyarakat, tetapi juga membentuk karakter dan keterampilan anggota Pramuka untuk menjadi lebih peduli dan tanggap terhadap kebutuhan sekitar," katanya.

"Selamat Hari Pramuka. Semoga semangat dan dedikasi dalam mendarma baktikan diri kepada masyarakat dan bangsa terus menginspirasi dan memberi manfaat. Teruslah menjadi teladan dalam setiap tindakan dan sikap," pungkasnya.

Sumber: