Warga RT 1 Bendul Merisi Sambut Kemerdekaan dengan Semarak Kerja Bakti, Tasyakuran Hingga Lomba

Warga RT 1 Bendul Merisi Sambut Kemerdekaan dengan Semarak Kerja Bakti, Tasyakuran Hingga Lomba

Antusiasme kalangan emak-emak mengikuti lomba memasak.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), masyakarat RT 1/RW 5, Kelurahan Bendul Merisi, Kecamatan Wonocolo mengadakan serangkaian kegiatan.

Di antaranya kegiatan lomba HUT ke-79 RI diikuti oleh seluruh kalangan usia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, para orang tua, hingga lansia. Lalu, kerja bakti serta tasyakuran.

Ketua RT 1 Bendul Merisi Moh Riza Rohadi menjelaskan bahwa kegiatan lomba ini rutin dilaksanakan setahun sekali. Tujuannya untuk membangun rasa persatuan, kesatuan, dan mewujudkan semangat perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

"Di RT 1, kita mengadakan serangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan, mulai dari gotong royong kerja bakti lingkungan RT, lomba-lomba anak-anak, remaja, bapak-bapak hingga ibu-ibu. Selain itu, nantinya juga akan dibuat malam tasyakuran pada tanggal 16 Agustus," jelasnya, Rabu, 14 Agustus 2024.

BACA JUGA:Sambut Hari Kemerdekaan, Unipra Adakan Belasan Lomba Kreatif

Menurut Riza, tujuan dari lomba yang dilaksanakan ini menjadi sebuah refleksi bagi kalangan anak muda supaya tidak lalai dengan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan ini.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk merefleksi generasi muda atas rasa semangat para pahlawan dalam konteks hari ini dan masa depan," tuturnya.

Berangkat dari sini, Riza lantas membeberkan tema kemerdekaan yang diangkat pada tahun ini merupakan sebagai wujud merepresentasikan momen transisi penting yang tengah dihadapi oleh bangsa Indonesia.

"Untuk tema di tahun ini Nusantara Baru, Indonesia Maju, nah itu kita semua diajak untuk bersiap menyosong masa depan yang lebih baik lagi. Karena itu harus kita dukung," jelasnya.

BACA JUGA:Kemerdekaan dalam Setiap Sudut Kampung, Semarak dengan Merah Putih

Sehingga dari serangkaian kegiatan yang diinisiasi tersebut, Reza berharap masyarakat tetap konsisten dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

"Pastinya menguatkan persaudaraan dan kekompakan warga ya yang pertama, dan dengan memeriahkan serangkaian acara HUT juga sebagai bentuk rasa bangga atas kemerdekaan Indonesia. Jadi dari anak anak, remaja, dan orang dewasa ikut ramai berkontribusi di setiap acara yang diadakan," ucapnya. (mg28/bin)

Sumber: