Hadiri Pengarahan Jokowi, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Akan Lakukan Ini untuk Pembangunan Kota Malang

Hadiri Pengarahan Jokowi, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Akan Lakukan Ini untuk Pembangunan Kota Malang

(kiri) Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan menuju acara pengarahan Presiden RI Joko Widodo--

MEMORANDUM - Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan menuju ke Bumi Etam untuk menghadiri acara pengarahan dari Presiden RI Joko Widodo kepada para Kepala Daerah, di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Selasa, 13 Agustus 2024.

Ditemui seusai acara, Iwan mengatakan beberapa poin penting yang menjadi catatannya pada arahan tersebut adalah menjaga daya beli masyarakat dan mempersiapkan Pilkada serentak yang akan datang.

“Dua isu krusial tersebut menjadi penekanan penting dalam arahan Presiden Jokowi, tentu hal ini akan menjadi perhatian saya sebagai Pj Wali Kota Malang,” kata Iwan Kurniawan menyampaikan hasil pengarahan tersebut.

BACA JUGA:Apel Perdana, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Ajak ASN Berinergi dan Berinovasi

BACA JUGA:Sapa Forkopimda, Pj Wali Kota Iwan Kurniawan Siap Bangun Kota Malang Lebih Sejahtera

Iwan mengatakan salah satu cara untuk meningkatkan daya beli masyarakat adalah dengan segera merealisasikan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Menurut arahan Presiden Jokowi, jika uang yang beredar di Kota Malang rendah, artinya daya beli masyarakat kita juga tidak kuat. Namun saya cukup bersyukur karena per tanggal 12 Agustus 2024 ini realisasi APBD Kota Malang telah mencapai angka 49,37 persen dan ini lebih tinggi daripada Kabupaten Kota se Indonesia yang hanya mencapai angka 31 persen serta lebih tinggi dari realisasi APBD di tingkat provinsi sebesar 41 persen,” terang Iwan.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan angka tersebut harus terus didorong peningkatannya. Seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Malang harus segera melaksanakan kegiatan dan menyerap anggaran yang telah direncanakan, dengan tujuan agar pembangunan di Kota Malang dapat berjalan maksimal dan peredaran uang di masyarakat juga tinggi. 

Ini tentu sejalan dengan penekanan Presiden Jokowi bahwa makin cepat realisasi APBD maka makin baik dampaknya terhadap perputaran uang dan daya beli masyarakat.

BACA JUGA:Iwan Kurniawan Gantikan Wahyu Hidayat sebagai Pj Wali Kota Malang

BACA JUGA:Jelang Akhir Jabatan Pj Wali Kota Malang Mutasi 39 ASN, Ini Alasannya

Selain itu, Presiden juga menyoroti persiapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada bulan November 2024 mendatang. Presiden meminta agar anggaran untuk Pilkada segera diselesaikan dan keamanan dipastikan baik.

“Persiapan Pilkada di Kota Malang juga menjadi perhatian saya, saya memiliki amanah dari Presiden yang harus dilaksanakan untuk memastikan gelaran Pilkada di Kota Malang berjalan dengan aman dan lancar,” kata mantan Pj Bupati Lebak tersebut.

Presiden Jokowi, lanjutnya menginstruksikan untuk terus berkoordinasi dengan Forkopimda karena belum pernah memiliki pengalaman untuk melaksanakan Pilkada serentak, bahkan apabila membutuhkan tambahan kekuatan agar segera disampaikan pada Kapolda atau Kapolri.

Sumber: