Dinkes Madiun Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit Hepatitis hingga Campak

Dinkes Madiun Imbau Masyarakat Waspadai Penyakit Hepatitis hingga Campak

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Agung Triwidodo memimpin kegiatan imunisasi PD3I. -Biro Madiun-

MADIUN, MEMORANDUM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Madiun,  mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I). 

BACA JUGA:Empat Wilayah di Kabupaten Madiun Rawan Karhutla

Kabid Penanganan dan Pencegahan Penyakit, Dinkes Kabupaten Madiun Selly Fitriana mengatakan, sejumlah penyakit yang perlu diwaspadai dan bisa dicegah dengan imunisasi ini diantaranya seperti hepatitis B, poliomyelitis, tuberkulosis, difteri, pertusis, tetanus, pneumonia dan meningitis yang disebabkan oleh Hemophilus Influenza tipe B (HiB), serta campak. 

BACA JUGA:Maksimalkan Drainase, DSDABM Surabaya Normalisasi Saluran Air di Sepanjang Jalan Ahmad Yani

"Untuk kasus aktif tidak ada, hanya beberapa ada yang suspek seperti ada anak terkena Lumpuh Layu yang mengarah ke AVP (akibat virus polio)," ujarnya, Jumat 9 Agustus 2024. 

BACA JUGA:Rakernas Peradi SAI, Ketua DPN Juniver Girsang: Teknologi Kecerdasan Buatan Sangat Dibutuhkan Advokat

Kemudian, juga ditemukan radang tenggorokan gang mengarah ke difteri. Namun setelah dilakukan pemeriksaan medis lebih lanjut ternyata bukan. Untuk mencegah penyakit tersebut, Dinkes tengah melakukan imunisasi yang dilakukan lewat sekolah maupun posyandu hingga puskesmas secara rutin setiap minggu. 

BACA JUGA:Dipanggil ke Polda Jatim, Gus Halim: Lengkapi Pertanyaan dan Pernyataan Laporan

Tahun lalu misalnya, dari 8.753 anak yang menjadi sasaran imunisasi, sebanyak 94,48 persen atau sebanyak 8.270 anak di antaranya telah diimunisasi dasar lengkap.

BACA JUGA:Santriwati Korban Pelecehan Kiai di Gresik Pernah Dihamili Tetangga

"Tahun ini target kami 95 persen, dari sasaran 8 ribu anak, sampai saat ini sudah ada 4.754 anak yang diimunisasi dasar lengkap," bebernya. (*)

Sumber: