Lestarikan Budaya Leluhur, Warga Embong Kaliasin Gelar Kirab Budaya Festival Joko Dolog

Lestarikan Budaya Leluhur, Warga Embong Kaliasin Gelar Kirab Budaya Festival Joko Dolog

Festival kirab dimulai dari Situs Arca Joko Dolog.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Ribuan warga Surabaya tumpah ruah dalam kemeriahan Kirab Budaya Festival Joko Dolog. Acara yang diprakarsai oleh warga RW 2 Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng ini menjadi bukti nyata semangat gotong royong dan komitmen melestarikan warisan Budaya leluhur.

Kegiatan ini pun panen apresiasi dari banyak pihak. Tak terkecuali, PDI Perjuangan (PDI-P) Surabaya. Kegiatan Kirab Budaya Festival Joko Dolog dinilai sebagai wujud nguri-uri budaya dan selaras dengan pesan presiden pertama Ir Soekarno.

"Festival Joko Dolog ini adalah bukti nyata semangat gotong royong warga Embong Kaliasin dalam melestarikan budaya dan tradisi leluhur," ujar Wakil Sekretaris PDI-P Surabaya, Achmad Hidayat, Jumat, 26 Juli 2024.

Kirab Budaya yang mengambil rute dari Situs Arca Joko Dolog menuju Jalan Basuki Rahmat, Taman Apsari, dan kembali ke lokasi awal, menampilkan beragam elemen budaya yang memukau. 

BACA JUGA:Sidoarjo Sambut Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Drumband dari berbagai sekolah, barisan dari berbagai komunitas budaya, hingga masyarakat umum turut serta dalam arak-arakan yang meriah.

Salah satu momen yang paling ditunggu adalah pembagian dua gunungan yang terdiri dari gunungan apem dan gunungan hasil bumi kepada warga masyarakat. 

"Tradisi ini melambangkan rasa syukur atas keberlimpahan hasil bumi dan semangat berbagi kepada sesama," kata dia. 

Achmad juga menyampaikan komitmen kepemimpinan Wali Kota Eri Cahyadi-Wakil Wali Kota Armuji dan Ketua DPRD Adi Sutarwijono dalam melestarikan kehidupan budaya di Kota Pahlawan. 

BACA JUGA:Perayaan Hari Jadi Tulungagung Ke-818, Pj Bupati Heru Suseno bersama Istri Ikuti Kirab Kereta Kencana

"Surabaya tidak hanya maju dalam pembangunan fisik, tetapi juga menjaga tradisi budaya yang hidup di tengah masyarakat," ujar Achmad. 

Achmad juga mengutip pesan Bung Karno dalam Tri Sakti, yaitu Berkepribadian dalam budaya. Menurut dia, pelestarian budaya adalah bekal untuk mewujudkan peradaban pembangunan yang harmonis antara alam dan manusia.

"Acara ini tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga menjadi wadah untuk memperkuat identitas budaya Surabaya dan memupuk rasa cinta terhadap warisan leluhur," ujar dia. 

Mantan aktivis GMNI ini berharap Festival Joko Dolog dapat menjadi agenda tahunan yang memperkuat identitas budaya Surabaya dan mendorong semangat pelestarian warisan leluhur.

Sumber: