Kementerian ATR/BPN Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Kantah Trenggalek Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas

Kementerian ATR/BPN Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Kantah Trenggalek Wujudkan Transparansi dan Akuntabilitas

Menteri AYH di acara penyerahan hasil laporan pemeriksaan dan exit metting.-Biro Tulungagung-

TRENGGALEK, MEMORANDUM - Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Trenggalek Joseph Wibisono menyatakan pihaknya selalu berupaya mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pertanggungjawaban keuangan dengan baik.

BACA JUGA:Kantah ATR/BPN Tulungagung Dukung Pemutakhiran Data Website oleh Kementerian

Itu disampaikan Joseph setelah Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengapresiasi pencapaian kinerja seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN, yang sukses mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 12 tahun berturut-turut. 

BACA JUGA:Kantah ATR/BPN Tulungagung Dukung Pencapaian PTSL dan Implementasi Sertifikat Elektronik

Menteri AYH memberikan apresiasi ketika Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Tahun 2023, dan Exit Meeting Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Konsolidasi Program to Accelerate Agrarian Reform (One Map Project) Tahun 2023, pada Senin 22 Juli 2024.

BACA JUGA:Kantah ATR/BPN Tulungagung Sambut Baik Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0

“Kami selaku lembaga pemerintah senantiasa patuh terhadap pertanggungjawaban keuangan dan senantiasa mengirimkan laporan keuangan tepat waktu. Dan kami pun selalu siap diperiksa oleh BPK demi memastikan seluruh kegiatan pada Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek berjalan dengan baik dan akuntabel," ujar Joseph, Selasa 23 Juli 2024.

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Terima Penghargaan Top GPR Award 2024, Ini Dukungan Kantah Tulungagung

Joseph menuturkan, Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek telah diperiksa atas laporan keuangan tahun 2023.

BACA JUGA:Dukung Program Kementerian untuk Kepastian Hukum Hak Atas Tanah, Kantah ATR/BPN Tulungagung Gandeng IPPAT

“Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek telah dilakukan pemeriksaan atas laporan keuangan tahun 2023 oleh BPK RI pada Februari 2024. Dan kami optimalkan pelaksanaan pemeriksaan dengan menyiapkan evidence yang diperlukan. Sehingga, laporan keuangan Kementerian ATR/BPN Tahun 2023 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian. Hal ini tidak lepas dari kinerja Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek dalam pelaksanaan pengelolaan dan pertanggungjawaban APBN dengan baik," urai Joseph.

BACA JUGA:Patuhi Arahan Kementerian, Kantah ATR/BPN Tulungagung Jadikan Medsos Sumber Informasi untuk Masyarakat

Joseph juga mengungkapkan, Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek memperoleh hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang baik pada tahun 2023.

BACA JUGA:Kantah ATR/BPN Pacu Alih Media Analog ke Digital

Sumber: