Sanitasi Layak Jadi Perhatian Serius, Pj Wali Kota Wahyu Hidayat Komitmen Wujudkan Lingkungan Nyaman

Sanitasi Layak Jadi Perhatian Serius, Pj Wali Kota Wahyu Hidayat Komitmen Wujudkan Lingkungan Nyaman

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengajak elemen masyarakat mewujudkan lingkungan yang nyaman. --

MALANG, MEMORANDUM - Meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang layak, Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM mendorong pembangunan IPAL komunal di kawasan permukiman untuk memberikan keamanan dan kenyamanan.

Pj Wali Kota Malang menyampaikan saat memberikan pengarahan pada kegiatan ‘Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Kelompok Pemanfaat dan Pemelihara IPAL Komunal dan Pelatihan KSM DAK Sanitasi 2024, di Hotel Savana Kota Malang, Selasa 16 Juli 2024. Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Malang Canangkan 2030 Kota Malang Layak Sanitasi

BACA JUGA:Pemkot Malang Serahkan Bantuan Sosial Rumah Tidak Layak Huni

Pj Wali Kota Wahyu Hidayat mengatakan pembangunan yang berkaitan dengan sanitasi layak merupakan program penting yang menjadi perhatian serius.

“Dengan dilakukan pengelolaan IPAL komunal maka bisa terurai dan kualitas air di sungai dapat terjaga dengan baik,” katanya.

IPAL komunal menurutnya menjadi salah satu solusi karena di wilayah perkotaan ini luasa lahannya terbatas. Kondisi ini yang memungkinkan untuk membangun IPAL komunal pada kawasan tertentu.

Secara pelahan, dengan adanya IPAL komunal maka akan memberikan edukasi pada masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan yang dampaknya pada kenyamanan dan meningkatnya kesejahteraan.

Pj Wali Kota Wahyu menjelaskan program yang berkaitan dengan sanitasi ini menjadi perhatian karena sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan derajat kesehatan serta kesejahteraan.

“Sehingga potensi stunting akan turun. Stunting itu tidak hanya persoalan gizi,” jelasnya.

BACA JUGA:Pemkot Malang Kucurkan Bantuan Parpol Sebesar 4,3 Miliar, Pj Wali Kota Ajak Perkuat Kebersamaan

BACA JUGA: Sosialisasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Pj Wali Kota Malang Dorong UMKM Naik Kelas

Sementara itu, nara sumber dari Balai Prasarana Permukiman PUPR wilayah Jawa Timur Driananta Pradiptyas menjelaskan pihaknya akan memfasilitasi dan sekaligus melakukan pendampingan terhadap program tersebut.

“Kita juga melakukan monev terkait yang sudah dilakukan,” ujarnya seraya mengatakan untuk memastikan program berlangsung sesuai harapan.

Sumber: