Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan, Babinsa di Bojonegoro Bekali Bela Negara Pelajar SMP-SMA Islam Al Aly Kalitidu

Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan, Babinsa di Bojonegoro Bekali Bela Negara Pelajar SMP-SMA Islam Al Aly Kalitidu

Babinsa Koramil 17/Kalitidu memberikan penguatan bela negara dan Wasbang terhadap ratusan pelajar SMP dan SMA Islam Al Aly Desa Mayangrejo-Biro Bojonegoro-

BOJONEGORO, MEMORANDUM - Jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 17/Kalitidu Kodim 0813 BOJONEGORO memberikan penguatan bela negara dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) terhadap ratusan pelajar SMP dan SMA Islam Al Aly Desa Mayangrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten BOJONEGORO. Kegiatan bertajuk 'Basic Leader Champ' tersebut berlangsung selama 12 hari, dari tanggal 9 sampai dengan 22 Juli 2024.

Sebanyak 251 pelajar yang terdiri dari 191 siswa-siswi SMP dan 60 siswa-siswi SMA Islam Al Aly turut mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat ikatan persaudaraan antara para generasi muda dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yaitu guna menanamkan sikap kedisiplinan kepada para pelajar yang dilandasi dengan niat tulus dan ikhlas, dalam interaksi sehari-hari.

Di lokasi kegiatan, Bati Tuud Koramil 0813-17/Kalitidu Pelda Sugihartono, Jum'at 12 Juli 2024, mengatakan bahwa kegiatan penguatan bela negara serta pembekalan materi Wasbang dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, semangat kebangsaan dan bela negara bagi generasi muda diwilayah binaan khususnya dikalangan pelajar.

Selain itu, kegiatan diselenggarakan juga sebagai upaya untuk mencegah menurunnya jiwa patriotisme, memudarnya wawasan kebangsaan dan bela negara terhadap generasi muda. Harapanya, seiring dengan perkembangan/kemajuan teknologi yang saat ini sangat maju dan cepat, para generasi muda harus mampu memilih dan memilah serta memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk hal-hal yang positif.

BACA JUGA:Pastikan Tertib dan Lancar, Babinsa Koramil Kapas Bojonegoro Kawal Penyaluran BLT-DD

"Melalui kegiatan penguatan bela negara dan pembekalan Wasbang ini, para generasi muda dapat memiliki suatu visi dan misi yang nantinya bisa meneruskan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia di masa yang akan datang," harap Pelda Sugihartono.

Kepala SMP Islam Al Aly, Hidayatus Syarifah, M.Pd., mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Babinsa jajaran Koramil 17/Kalitidu Kodim 0813 Bojonegoro yang telah membekali para peserta didik melalui kegiatan penguatan bela negara dan Wasbang. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat, untuk membentuk jiwa kepemimpinan bagi para pelajar dan pihaknya berharap, kedepan nantinya kerjasama atau sinergitas yang sudah terbina dengan baik tersebut akan terus berlanjut.

"Terima kasih kepada bapak-bapak TNI Koramil 17/Kalitidu Kodim 0813 Bojonegoro yang sudah memberikan bimbingan untuk lebih mengenal tentang penguatan bela negara dan wawasan kebangsaan. Kegiatan ini sangat menginspirasi, bisa menggugah semangat dan menumbuhkan sikap kedisiplinan serta jiwa kepemimpinan anak-anak," ujarnya.

Sementara itu dikonfirmasi secara terpisah, Danramil 0813-17/Kalitidu, Kapten Kav Rochim Sriwahyu Utomo, menjelaskan bahwa pelatihan bela negara dan pembekalan wawasan kebangsaan tersebut sangatlah penting dilakukan terutama terkait dengan kedisiplinan dan pembentukan karakter yang berjiwa nasionalisme. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan generasi muda yang tangguh dan berkarakter baik, disiplin, patriotisme, serta berjiwa Pancasila.

BACA JUGA:Pemdes Tulungrejo Bersama Babinsa Koramil Sumberrejo Bojonegoro Sosialisasikan Gerakan Tanam Cabai

Generasi muda, menurut Danramil, adalah generasi yang akan melanjutkan dan memperjuangkan kejayaan Indonesia yang sangat kita cintai bersama. Sehingga dengan menularkan sikap kedisiplinan, kekompakan, jiwa korsa, semangat pantang menyerah, dan mengamalkan Pancasila sebagai falsafah hidup merupakan sebagian dari nilai-nilai yang dapat dilihat dan dirasakan oleh para siswa-siswi.

"Kami berharap, dengan dilaksanakanya kegiatan ini para pelajar akan semakin mengerti dan memahami tentang sikap kedisiplinan, rasa cinta tanah air dan pengamalan Pancasila. Karena hal ini akan menjadi langkah awal tumbuhnya kebersamaan, serta persahabatan antara TNI dengan rakyat yang didalamnya adalah para pelajar," pungkasnya.(top)

Sumber: