Pemdes Tulungrejo Bersama Babinsa Koramil Sumberrejo Bojonegoro Sosialisasikan Gerakan Tanam Cabai

Pemdes Tulungrejo Bersama Babinsa Koramil Sumberrejo Bojonegoro Sosialisasikan Gerakan Tanam Cabai

Koramil 09/Sumberrejo Kodim 0813 Bojonegoro mendukung ketahanan pangan.-Biro Bojonegoro-

BOJONEGORO, MEMORANDUM - Dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Bojonegoro, Babinsa Koramil 09/Sumberrejo Kodim 0813 Bojonegoro bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Tulungrejo sosialisasi gerakan tanam cabai kepada kelompok tani serta ketua rumah tangga (RT) dan ketua rukun warga (RW).

BACA JUGA:Gelar Pembinaan Ketahanan Pangan Terpadu, Kodim Bojonegoro Tanam Perdana Jagung

Adapun sosialisasi guna mendukung ketahanan pangan yang dilaksanakan di Balai Desa Tulungrejo tersebut, mewajibkan pada setiap warga yang berumah tangga menanam 10 bibit pohon cabai. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga ketersediaan cabai di tingkat rumah tangga.

Diungkapkan Kepala Desa Tulungrejo Erna, meskipun penerapan sosialisasi program ketahanan pangan di Desa Tulungrejo ini masih terbatas, ke depanya akan mengupayakan seluruh warga masyarakat Desa Tulungrejo dapat memiliki kebun bibit yang dikelola setiap warga atau kelompok yang memiliki pekarangan rumah.

"Dan nantinya akan diberikan bantuan dalam bentuk kebun bibit, sehingga pada musim hujan dapat di distribusikan ke setiap warga, agar dapat bercocok tanam cabai dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya,” ujarnya, Kamis, 4 April 2024.

Sementara itu, Babinsa Koramil 0813-09/Sumberrejo Serda Fahrur Rozi berharap dengan diselenggarakannya sosialisasi dalam rangka mendukung program ketahanan pangan ini nantinya bisa mengurangi beban masyarakat terutama dalam memenuhi kebutuhan gizi.

Pasalnya, tanaman cabai merupakan salah satu komoditas strategis dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena produksi cabai tidak merata sepanjang tahun.

"Dengan adanya sosialisasi ketahanan pangan melalui gerakan tanam cabai ini diharapkan nantinya bisa mengurangi beban masyarakat khususnya warga Desa Tulungrejo dalam kebutuhan konsumsinya terutama sayuran cabai," pungkasnya. (*)

Sumber: