Unitomo Tambah Guru Besar di Bidang Ilmu Manajemen Keuangan

Unitomo Tambah Guru Besar di Bidang Ilmu Manajemen Keuangan

Prof Dr Sri Utami Ady SE MM dikukuhkan sebagai guru besar.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Guru Besar Universitas Dr Soetomo (Unitomo) bertambah lagi satu. Pada Selasa, 2 Juli 2024, Prof Dr Sri Utami Ady SE MM dikukuhkan sebagai Guru Besar ke-6 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) bidang Ilmu Manajemen Keuangan.

Pengukuhan Utami, begitu ia biasa disapa, berlangsung di Auditorium Ki Mohammad Saleh Lantai 5 gedung F Unitomo. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Rektor Unitomo Prof Dr Siti Marwiyah SH MH.

Dalam orasi ilmiahnya, Utami menyampaikan tentang peran digitalisasi untuk meningkatkan kestabilan psikologi dalam pengambilan keputusan investasi saham.

Lebih lanjut, Utami menambahkan, automatisasi atau trading menggunakan aplikasi robot semakin marak digunakan dalam era globalisasi. Segala macam lini kehidupan menggunakan digitalisasi untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan, termasuk juga di pasar modal.

BACA JUGA:Simposium Nasional Teknik Geomatika Unitomo 2024 Jadi Momentum Percepatan Pemenuhan Peta Dasar di Indonesia

“Digitalisasi di pasar modal dapat dilihat dari sistem aplikasi yang ada di perusahaan sekuritas yang semakin canggih, dilengkapi dengan fitur atau menu yang dapat di-setting oleh investor pada saat investor tidak dapat memantau pasar, sehingga trading bisa dilakukan dengan efektif dan efisien,” paparnya.

Utami menuturkan, digitalisasi pasar modal adalah sebuah keniscayaan. Kemajuan teknologi yang semakin canggih menuntut para pelaku pasar untuk beradaptasi dalam menghadapi dinamika pasar.

Menurutnya, automatisasi merupakan tools yang dibuat untuk memudahkan manusia dalam pengambilan keputusan, namun tidak dapat menggantikan peran manusia seutuhnya.

“Masih tetap dibutuhkan manusia dalam perannya, terutama untuk melakukan setting pada mesin atau robot trading tersebut,” pungkas Utami.

BACA JUGA:Unitomo Buka 2 Prodi Baru S1 Kebidanan dan Profesi Kebidanan

Rektor Unitomo Prof Marwiyah yang juga Guru Besar Bidang Ilmu Hukum Tata Negara Fakultas Hukum (FH) tampak mengapresiasi gagasan Utami.

Di sisi lain, tampak hadir kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah VII Prof Dr Dyah Sawitri SE MM serta Guru Besar dari sejumlah PTN dan PTS di Jatim.(bin)

Sumber: