Sempat Gagal Penalti, Siuuuu Menggema, Ronaldo Bawa Portugal ke Perempat Final

Sempat Gagal Penalti, Siuuuu Menggema, Ronaldo Bawa Portugal ke Perempat Final

Cristiano Ronaldo dam Diogo Costa.-IG Portugal.-

MEMORANDUM-Meski Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi penalti di injury time babak tambah waktu, namun Portugal akhirnya lolos ke perempat final Euro 2024.

Di laga yang berlangsung Selasa, 2 Juli 2024, Portugal menang 3-0 di babak adu penalti ketika bertemu Slovenia. Sebelumya,  air mata Cristiano Ronaldo tumpah setelah ia gagal melakukan penalti.  

Tendangan penalti Ronaldo di perpanjangan waktu pada menit ke-114 berhasil diselamatkan oleh kiper Slovenia Jan Oblak. Regulasi dan perpanjangan waktu berakhir 0-0.

BACA JUGA:Kalah dari Jerman di Babak 16 Besar Euro 2024, Pelatih Denmark: Penalti Konyol

Ketika kedua tim menjalani adu penalti, Ronaldo mencetak gol pertamanya dan gol Portugal, dan rekan setimnya Diogo Costa menyelamatkan ketiga tendangan Slovenia, dari tendangan Josip Ilicic, Jure Balkovec, dan Benjamin Verbič.

"Kesedihan di awal adalah kegembiraan di akhir. Itulah sepak bola. Momen, momen yang tidak bisa dijelaskan," kata Ronaldo dalam wawancara di lapangan segera setelah peluit akhir dibunyikan seperti dilansir ESPN.

"Tembakan langsung untuk memberi tim keunggulan. Saya tidak berhasil. Oblak melakukan penyelamatan bagus. Saya harus melihat penaltinya, saya tidak tahu apakah tembakan saya bagus atau buruk, tapi saya belum melakukannya sepanjang tahun,” bebernya.

BACA JUGA:Mandul, Ronaldo Masih Jadi Magnet di Euro 2024, Empat Kali Laga Dihentikan karena Fans Masuk Lapangan

Bruno Fernandes dan Bernardo Silva juga mencetak gol untuk Portugal untuk menutup adu penalti 3-0 dengan dua tembakan tersisa.

"Saya pikir Portugal pantas mendapatkannya karena kami punya otoritas lebih. Slovenia menghabiskan hampir seluruh pertandingan bertahan. Ini sangat sulit dan seluruh tim patut diberi ucapan selamat, terutama kiper kami [Costa], yang melakukan tiga penyelamatan sangat bagus," Ronaldo ditambahkan.

Portugal akan menghadapi Prancis di perempat final pada hari Jumat di Hamburg, pertandingan ulang final tahun 2016 yang dimenangkan Portugal di Paris.

“Dia adalah teladan bagi kami,” kata pelatih Portugal Roberto Martinez tentang Ronaldo dalam konferensi pers pasca pertandingan. “Emosi itu [setelah gagal mengeksekusi penalti] sungguh luar biasa. Dia tidak perlu terlalu peduli dengan karier yang dia jalani dan semua yang telah dia capai,” katanya.

"Setelah gagal mengeksekusi penalti, dia adalah penendang penalti pertama. Saya yakin dia harus menjadi yang pertama dan menunjukkan kepada kita jalan menuju kemenangan. Cara dia bereaksi adalah sebuah contoh, dan kami sangat bangga,” ungkapnya.

BACA JUGA:Satu-Satunya dalam Sejarah! Cristiano Ronaldo Kembali Pecahkan Rekor.

Sumber: