Gelar Upacara Hari Bhayangkara, Polres Pasuruan Tampilkan Tarian Pasuruan Gumuyu

Gelar Upacara Hari  Bhayangkara, Polres Pasuruan Tampilkan Tarian Pasuruan Gumuyu

Kapolres AKBP Teddy Chandra mendapatkan potongan tumpeng dari Dandim 0819 disaksikan Pj Bupati Andriyanto.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Sebagaimana daerah lainya, Polres Pasuruan juga menggelar upacara parade dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024. Upacara dilaksanakan di lapangan Apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan, Senin 1 Juli 2024.

BACA JUGA:Beraksi di HUT Ke-78 Bhayangkara, 2 Bandit di Surabaya Ditembak 

Upacara dipimpin Kapolres Pasuruan AKBP Teddy Chandra. Upacara dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan. Ada Pj Bupati Pasuruan Andriyanto, Dandim 0819 Pasuruan, Danyonkav 8/NSW Kostrad Beji, Pimpinan DPRD, Kajari dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

BACA JUGA:Kapolres Pasuruan Kota Pimpin Upacara HUT Ke-78 Bhayangkara sebelum Berganti  

Dalam amanahnya, kapolres membacakan sambutan dari Kapolda Jatim. Menurutnya, Hari Bhayangkara ke-78 tahun ini mengusung tema "Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

BACA JUGA:Aksi Bantengan, Warnai Peringatan HUT Ke-78 Bhayangkara di Kota Malang  

Selanjutnya, menyanyikan lagu Mars Polri dilanjutkan pengucapan Tribrata oleh Pama Polres Pasuruan, dan Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Polres Kediri Siap Menghadapi Tantangan ke Depan dan Berinovasi 

"Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Karena atas limpahan rahmat serta karunianya, kita dapat mengikuti Upacara Hari Bhayangkara ke - 78 Tahun 2014 ini," ucapnya.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Dukung Percepatan Transformasi Ekonomi  

Menurutnya, Hari Bhayangkara adalah momen yang senantiasa diperingati dengan penuh rasa syukur oleh segenap insan bhayangkara, untuk merefleksikan perjalanan panjang dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam peringatan ini, selain merayakan hari jadi, semua berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat, Transformasi ekonomi menjadi kunci utama untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bangsa.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara di Lamongan Mantapkan Sinergi Bersama Polri 

"Polri memiliki peran strategis dalam mendukung percepatan transformasi tersebut," tambah AKBP Teddy.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Surabaya Berkomitmen Ciptakan Lingkungan Aman dan Kondusif 

Dalam hal ini, Kapolres Pasuruan juga berpesan kepada seluruh anggota Polres Pasuruan dan jajaran agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan selalu berpedoman kepada nilai-nilai luhur Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Tribrata, dan Catur Prasetya.

BACA JUGA:HUT Ke-78 Bhayangkara, Dua Pejabat Polda Jatim Naik Pangkat 

"Selalu menjaga dan mempunyai rasa bangga sebagai insan Bhayangkara dengan senantiasa memberikan prestasi dan menjaga kehormatan pribadi, kesatuan dan institusi Polri sebagai bentuk implementasi transformasi menuju Polri yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (Presisi)," tegasnya.

BACA JUGA:Bupati Beri Apresiasi Tinggi Kinerja Polres Jember di HUT Ke-78 Bhayangkara 

Dalam peringatan Hari Bhayangkara tahun ini, Polres Pasuruan menampilkan tarian "Pasuruan Gumuyu". Nyanyian dan tarian ini diciptakan mantan Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf. Tarian ini dulu seolah menjadi tarian wajib saat ada acara di wilayah Kabupaten Pasuruan. "Kangen juga dengar nyanyian dan tarian Pasuruan Gumuyu ini," ujar salah satu undangan.

BACA JUGA:Polres Lumajang Beri Penghargaan TNI dan Masyarakat Berprestasi dalam HUT Ke-78 Bhayangkara

Kegiatan upacara diakhiri dengan penyerahan Piala Lomba - Lomba dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 Polres Pasuruan dan penyerahan piagam, penyerahan Suropati Award oleh Pj Bupati Pasuruan Andriyanto kepada Kapolres Pasuruan. (*)

Sumber: