BPBD Jember: Pantai Payangan Tidak Layak untuk Berenang, Wisatawan Diminta Waspada!

BPBD Jember: Pantai Payangan Tidak Layak untuk Berenang, Wisatawan Diminta Waspada!

Tim Gabungan Saat Evakuasi Koraban di Pantai Patangan-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember kembali mengingatkan wisatawan untuk berhati-hati saat berkunjung ke Pantai Payangan, Ambulu. Pasalnya, pantai tersebut dinilai tidak layak untuk berenang karena memiliki arus yang kuat dan sering berubah-ubah.

Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala BPBD Jember, Widodo Julianto, berdasarkan hasil kajian kebencanaan yang dilakukan. "Melihat kondisi arusnya, sebenarnya itu tidak layak sebagai tempat berenang," ujar Widodo, Selasa 25 Juni 2024.

Widodo menjelaskan bahwa ombak di Pantai Payangan dapat berubah besar secara tiba-tiba, bahkan peselancar berpengalaman pun tidak berani berenang di sana. Hal ini diperparah dengan status tanah di kawasan pantai yang belum jelas, sehingga belum ada petugas yang secara khusus bertanggung jawab untuk mengawasi keselamatan wisatawan.

"Memang kelihatannya tenang, tetapi tiba-tiba besar. Peselancar saja tidak berani di sana dengan kondisi yang berubah-ubah arusnya," kata Widodo.

BACA JUGA:4 Hari Hilang Usai Berenang di Pantai Payangan, Remaja Ditemukan Tewas

Lebih lanjut, Widodo menghimbau agar Desa Tanggap Bencana (Destana) Sumberejo Ambulu untuk lebih proaktif dalam mengawasi pantai tersebut. "Kami berharap ada petugas yang berasal dari warga setempat," ujarnya.

BPBD Jember sendiri telah memasang imbauan di sepanjang Pantai Selatan agar wisatawan tidak berenang di laut. Namun, Widodo mengakui bahwa imbauan ini tidak cukup dan perlu adanya petugas yang berjaga di lapangan untuk memonitor situasi dan memberikan peringatan kepada wisatawan.

Peringatan ini kembali digaungkan setelah insiden laka laut yang terjadi pada Sabtu 22 Juni 2024 di Pantai Payangan. Empat pelajar yang sedang berenang terseret ombak, dan hingga saat ini satu orang masih dinyatakan hilang.

"Kami berharap wisatawan selalu waspada dan mengikuti rambu larangan dan arahan petugas," pesan Widodo.

BACA JUGA:Polsek Ambulu Larang Pengunjung Pantai Payangan dan Watu Ulo Mandi di Laut

Patuhi imbauan petugas dan tidak berenang di laut.

Bermain air hanya di tepi pantai dan awasi anak-anak dengan seksama.

Gunakan pelampung keselamatan jika ingin berenang.

Laporkan kepada petugas jika melihat ada wisatawan yang dalam bahaya.

Sumber: