Polri Raih Peningkatan Kepercayaan Publik, Ketua PMII Jatim Beri Apresiasi

Polri Raih Peningkatan Kepercayaan Publik, Ketua PMII Jatim Beri Apresiasi

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, foto bersama Ketua PMII Jatim, Baijuri--

JEMBER, MEMORANDUM - Lembaga Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali menunjukkan performa positifnya dengan meraih tingkat kepercayaan publik yang tinggi. Hasil survei Litbang Kompas terbaru menunjukkan bahwa citra Polri mengalami peningkatan signifikan, mencapai 73,1%. Angka ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin puas dengan kinerja Polri dalam menjalankan tugasnya.

Survei yang dilakukan pada 27 Mei hingga 2 Juni 2024 ini melibatkan 1.200 responden di 38 provinsi di Indonesia. Hasilnya menunjukkan tren positif citra Polri dibandingkan survei serupa pada Desember 2023.

Kenaikan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jawa Timur. Ketua PMII Jatim, Baijuri, dalam keterangannya pada Jumat (21/6/2024), menyampaikan bahwa hasil survei tersebut menunjukkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri.

"Naiknya tren positif dan kepuasan masyarakat terhadap Polri menunjukkan bahwa Polri, khususnya di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, telah berhasil menjalankan tugasnya dengan baik," ujar Baijuri.

BACA JUGA:Raih 76,2% Tingkat Kepercayaan Publik, Kejaksaan Agung Masih Jadi Lembaga Penegak Hukum Paling Dipercaya

Baijuri juga mengapresiasi capaian Polri dalam meningkatkan kepercayaan publik. Menurutnya, ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap hal ini, seperti:

Penyelesaian kasus narkoba yang marak, Upaya Polri dalam mensukseskan pemilu yang damai, Pendekatan humanis yang diterapkan dalam setiap penanganan kasus, Penangkapan teroris yang sigap dan tepat

Penanganan mudik Lebaran yang terorganisir dengan baik, Kecepatan dan ketepatan dalam menyampaikan informasi terkini kepada publik.

"Saya sangat mengapresiasi atas keberhasilan Polri yang terus mendapatkan kepercayaan publik yang semakin meningkat. Tentu hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti yang telah disebutkan tadi," jelas Baijuri.

BACA JUGA:Tingkat Kepercayaan Publik Naik 76,4%, Adies Kadir Kagum Kinerja Kapolri

Kepercayaan publik yang semakin tinggi terhadap Polri ini merupakan modal penting bagi Polri untuk terus meningkatkan kinerjanya. Polri harus terus berbenah dan berinovasi untuk menjadi Polri yang Presisi, yaitu Prediktif, Responsif, dan Transparansi Berkeadilan.

Dengan terus meningkatkan kinerja dan pelayanannya, Polri diharapkan dapat semakin dipercaya oleh masyarakat dan menjadi institusi penegak hukum yang profesional dan berintegritas. (edy)

Sumber: