Pj Bupati Sidak Pastikan Kesehatan Hewan, Inul Pesan Sapi Seberat 1 Ton

Pj Bupati Sidak Pastikan Kesehatan Hewan, Inul Pesan Sapi Seberat 1 Ton

Pj Bupati Pasuruan Andriyanto sidak di salah sau peternakan di wilayah Kecamatan Kejayan.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Pemerintah Kabupaten Pasuruan serius dalam mengantisipasi adanya penyakit hewan ternak, khususnya untuk kebutuhan hewan kurban. Hal ini dibuktikan dengan Pj Bupati Pasuruan Andriyanto yang sidak di kandang peternakan pada Jumat 14 Juni 2024 siang. Andriyanto sidak ke peternakan di daerah Cobanjoyo Kecamatan Kejayan.

BACA JUGA:Hakikat Kurban sebagai Wujud Kecintaan kepada Allah SWT, Waspada, Kita Akan Diuji dengan Apa yang Kita Cintai 

Semakin mendekati Hari Raya Iduladha, kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Pasuruan terus mengalami peningkatan. Salah satu peternakan milik H Munir di Desa Cobanjoyo, Kejayan, menjelang Iduladha ini mengalami peningkatan permintaan hewan kurban.

BACA JUGA:Warga Dihebohkan Munculnya 5 Ekor Buaya di Sungai Kencong 

Menurut Ibnu Andi Falah, Humas Herza Farm mengatakan, untuk permintaan pada tahun ini pihaknya sudah menerima pesanan sebanyak 230 ekor sapi. Jumlah tersebut paling banyak pesanan dari wilayah Jakarta.

BACA JUGA:Caleg DPR RI dari PKB Diduga Kondisikan Ketua KPU Kabupaten Malang 

Ibnu juga mengatakan jika selama ini peternakan di Herza Farm selalu dipantau oleh petugas teknis dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan. Dengan demikian kesehatan hewan ternak selalu terjaga.

"Untuk kesehatan sapi ini selalu terjaga. Kita selalu mengikuti petunjuk dari dinas peternakan, terutama dari sisi pakan," kata Ibnu Andi Falah, Jumat 14 Juni 2024.

BACA JUGA:Jelang Berangkat ke Amerika, Skuad Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024 Uji Coba dengan Timnas U18 

Pada kesempatan ini, rombongan Pj Bupati Pasuruan terus melakukan pemantauan dan sidak lapangan, terutama di lokasi jualan hewan ternak kebutuhan kurban.

BACA JUGA:KPK Catat Surabaya Pengaduan Korupsi Tertinggi di Jatim, Wali Kota Eri Cahyadi: Bukan Semuanya dari Pemkot 

Pj Bupati Andriyanto juga berkesempatan melakukan sidak di peternakan Herza Farm. Kedatangan Pj Bupati tersebut untuk memastikan bahwa hewan ternak untuk kebutuhan kurban, kesehatannya tetap terjaga.

"Kita pastikan kesehatan hewan untuk kebutuhan lebaran tidak ada yang terindikasi penyakit. Semuanya harus sehat. Apalagi yang akan dijual keluar kota," kata Andriyanto.

BACA JUGA:Penertiban Aset di Jalan Ijen Kota Malang Alot 

Andriyanto juga mengatakan sebelum menuju peternakan di Kecamatan Kejayan, ia bersama rombongan juga telah melakukan sidak di lokasi pedagang ternak musiman di Desa Bajangan Kecamatan Gondangwetan.

Di lokasi tersebut, rombongan Pj Bupati juga melakukan pemeriksaan terhadap hewan kambing. Pemeriksaan sendiri dilakukan oleh petugas teknis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Dari hasil pemeriksaan sendiri petugas teknis keswan tidak menemukan indikasi adanya penyakit yang ada pada hewan. Semua hewan dinyatakan sehat.

BACA JUGA:189 Kades di Kabupaten Lumajang Bangkit dan Solid Bertekad Membangun Indonesia 

"Jadi masyarakat tidak usah khawatir dengan hewan ternak kebutuhan kurban ini.  Tiap hari petugas kita dari dinas peternakan memantau kesehatan hewan," lanjut Andriyanto.

Peternakan Herza Farm sendiri pada tahun ini sudah menerima pesanan hewan kurban dari beberapa kota di pulau Jawa. Di antaranya Jakarta, Tasikmalaya, Semarang, dan beberapa kota di Jatim. Salah satu sapi yang ada di peternakan ini merupakan pesanan dari artis ibukota, yakni Inul Daratista yang berbobot 1 ton. (*)

Sumber: