Peduli Penyandang Disabilitas, Pemkot Pasuruan Bantu Sembako dan Gerobak Usaha

Peduli Penyandang Disabilitas, Pemkot Pasuruan Bantu Sembako dan Gerobak Usaha

Salah satu kaum disabilitas tersenyum usai mendapat babtuan dari Pemkot Pasuruan yang diserahkan Walikota Gus Ipul.--


Penyandang disabilitas dikumpulkan Pemkot Pasuruan kemudian mereka diberikan bantuan sembako dan gerobak bagi yang berwirausaha.--

PASURUAN, MEMORANDUM - Pemkot Pasuruan terus berupaya meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan kepada para penyandang disabilitas. Kali ini, kepedulian Pemkot Pasuruan ditunjukkan dengan pemberian bantuan sembako dan Gerobak usaha untuk para disabilitas yang memiliki usaha. Perhatian Pemkot Pasuruan inilah yang membuat banyak disabilitas bisa tersenyum bangga. 

Ada sekitar, 30 sembako dan 3  Gerobak jualan yang diserahkan pada Selasa 28 Mei 2024 di Pendopo Surga Surgi Kota Pasuruan. Pemberian bantuan ini diserahkan langsung oleh Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi). 

Menurut Gus Ipul, bantuan yang diberikan Pemerintah Kota Pasuruan ini merupakan upaya pemerintah Kota Pasuruan dalam memberikan bantuan sesuai kebutuhan para penyandang disabilitas.

” Bantuannya ini kita sesuaikan dengan yang mereka butuhkan. Mereka mau kerja, mereka mau jualan ya kita siapkan. Pingin buka salon ya monggo. Yang pengen jahit ya jahit. Kita fasilitasi semua secara bertahap,” ujarnya.

BACA JUGA:Kunjungi Oemah Craft, Gus Ipul Prioritaskan Bantuan untuk Disabilitas Terus Berkarya

Pada kesempatan ini, Gus Ipul juga mengatakan bahwa Pemerintah Kota Pasuruan juga nantinya akan memberikan parkir khusus untuk para Disabilitas. "Nanti kami akan bilang kepada Dishub untuk menyediakan parkir khusus untuk para disabilitas," tambahnya.

Gus Ipul juga menekankan kembali kepada para Disabilitas yang hadir agar mencatat kebutuhannya, sehingga pemerintah dapat membantunya. "Supaya kami bisa melayani. Tolong suarakan kepentingan bapak-ibu sekalian," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul juga membuka ruang dialog untuk para disabilitas agar menyampaikan kebutuhannya. Ada salah satu disabilitas tuna netra yang sudah bisa menyelesaikan sekolah sarjana. Ia menginginkan bisa sekolah Advokat, karena kebetulan ia lulusan Sarjana hukum.

" Nanti kami akan bantu untuk mencarikan beasiswanya agar bisa melanjutkan ke sekolah advokat seperti yang diinginkannya," kata Gus Ipul. 

BACA JUGA:Warga Disabilitas Kota Pasuruan Mulai Divaksin, Gus Ipul Tinjau Langsung

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat mengatakan ada sebanyak  30 orang disabilitas yang mendapatkan bantuan sembako. Dan ada 3 gerobak kekinian juga buat 3 orang disabilitas.

“Untuk gerobak kekinian ini memang tiga. Satu untuk daksa, kemudian satu rungu dan satu netra,” katanya.

Untuk gerobak ini menurut Kokoh, yang 2 bagi netra dan rungu ditempatkan di Dinsos. Sementara yang 1 rombong bagi daksa ada di rumah hebat.

Sumber: