Polda Jatim Tetapkan 3 Tersangka Penembakan di Tol Sidoarjo dan Surabaya, Pelaku Seorang Mahasiswa

Polda Jatim Tetapkan 3 Tersangka Penembakan di Tol Sidoarjo dan Surabaya, Pelaku Seorang Mahasiswa

Dirreskrimum Polda Jatim Kombespol Totok Suharyanto bersama Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Dirmanto dan Kasubdit III Jatanras AKBP Arbaridi Jumhur menunjukkan barang bukti kasus penembakan menggunakan airsoft gun. -Farid Al Jufri-

SURABAYA, MEMORANDUM - Pelaku penembakan menggunakan airsoft gun berhasil diungkap Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim. Dari 4 TKP penembakan di Tol Sidoarjo dan Unesa, 3 Pelaku berhasil diamankan. 

Dipimpin oleh Kasubdit III Jatanras AKBP Arbaridi Jumhur, dua pelaku mahasiswa bernama Nelson (20) beralamat Jemur Wonosari Kec. Wonocolo (KTP) atau Kel. Lidah Kulon Kec. Lakarsantri (domisili), Jefferson (19) beralamat Sambikerep Kec. Sambikerep Kota Surabaya, dan pelaku dibawah umur berinisial J. 

Menurut Dirreskrimum Polda Jatim Kombespol Totok Suharyanto ada 4 korban dalam 4 TKP penembakan yang dilakukan pelaku. Pada Minggu 19 Mei 2024 (dua TKP) Pukul 01.05 WIB di jalan tol Surabaya Tanggulangin KM 758 dengan korban AR dengan luka bibir atas dan luka pelipis kiri. 

"Modus operandinya adalah penembakan dilakukan oleh tersangka yakni dengan cara menyalip mobil korban menggunakan mobil Innova di sebelah kiri, dan setelah sejajar tersangka melakukan penembakan sebanyak 4 kali setelah itu langsung kabur (menuju arah gerbang tol Kejapanan)," kata Kombespol Totok, Senin 27 Mei 2024.

BACA JUGA:Warga Babatan Wiyung Jadi Korban Penembakan Pitrus

Usai kabur melakukan aksi pertamanya, para tersangka yang turun di gerbang tol Kejapanan kembali melakukan aksi serupa pada pukul 02.12 WIB di jalan tol Sidoarjo - Surabaya KM 755.

"Korbannya atas nams EC dengan 5 luka di bagian wajah setelah ditembak sebanyak 5 kali. Kemudian setelah itu tersangka kembali ke arah rumah menuju ke Surabaya," ujar Dirreskrimum Polda Jatim. 

Kombes Totok melanjutkan pada Selasa 21 Mei 2024 pukul 04.10 WIB di jalan tol Sidoarjo - Surabaya KM 748, tersangka krmbali nelamukan aksinya dengan korban R yang mengalami luka di pelipis kiri.

"Penembakan dilakukan sekali dengan modus sama yakni menyalip dari kiri setelah sejajar menembak dan kabur ke arah Surabaya," terangnya. 

BACA JUGA:Kronologi Penembakan Oknum Polisi Terhadap Debt Collector di Palembang, Mobil Nunggak 2 Tahun

Setelah turun dari tol, pukul 04.35 WIB di jalan raya Babatan - Unesa, Kec. Wiyung tersangka kembali melakukan aksi penembakan dengan korban K yang mengalami luka di perut kanan dan luka di pinggang kanan. 

"Saat itu korban K sedang jalan kaki membawa gerobak sampah dan ditembak dua kali dan tersangka kabur pulang kerumah," paparnya. 

Usai kejadian penembakan tersebut, pihaknya mendapatkan laporan di hari Selasa (21 Mei 2024) dan langsung melakukan olah TKP penyelidikan yang dipimpin langsung oleh Kasubdit Jatanras AKBP Arbaridi Jumhur. 

"Hasilnya kami menetapkan 2 orang tersangka berstatus mahasiswa dan satu orang anak berharapan dengan hukum. Tersangka pertama NBL (Nelson) berperan sebagai pengemudi mobil saat melakukan aksi dan penembakan terhadap korban AR dan RW sekaligus pemilik senjata airsoft gun," beber Kombespol Totok. 

Sumber: