Inilah Daftar 22 Pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, Witan dan Elkan Tidak Dipanggil, Ada Apa?

Inilah Daftar 22 Pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026, Witan dan Elkan Tidak Dipanggil, Ada Apa?

Shin Tae-yong saat memimpin laga timnas. --

JAKARTA, MEMORANDUM - Pelatih Shin Tae-yong memanggil 22 pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina pada 6 dan 11 Juni 2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Timnas senior cukup meraih satu kemenangan dari dua pertandingan sisa untuk memastikan diri lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026.

Dalam panggilan ini, beberapa pemain seperti Witan Sulaeman, Elkan Baggott, dan Marc Klok tidak masuk dalam skuat. Demikian pula dengan Edo Febriansah, Wahyu Prasetyo, Rachmat Irianto, dan Hokky Caraka.

Sementara itu, nama-nama langganan seperti Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner dan lain-lain masih tetap menghiasi skuad Garuda.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-23 Gagal ke Olimpiade Paris 2024 Usai Kalah 0-1 dari Guinea

Tidak munculnya Witan di daftar skuat dikonfirmasi oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji. Dia mengatakan Shin Tae-yong menyetujui keputusan Witan Sulaeman, yang menyatakan niatnya untuk pergi haji setelah bermain untuk Timnas Indonesia U-23.

"Ya, Witan sudah mengungkapkan keinginannya saat tim U-23 dibubarkan kemarin, dia akan pergi haji tanggal 24. Tidak ada masalah karena itu adalah ibadah," kata Sumardji mengutip Suara.com, Jumat 17 Mei 2024.

Sementara itu terkait Elkan Baggot yang tidak dipanggul STY, banyak publik menduga Elkan ditepikan karena sempat menolak membela Timnas U-23 di play-off Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea, pada 9 Mei 2024 lalu. 

Mengingat, hal tersebut membuat pelatih asal Korea Selatan kecewa. Bek Ipswich Town itu diklaim lebih memilih liburan, ketimbang membantu rekan-rekannya berjuang ke Olimpiade.

BACA JUGA:Membedah Kekuatan Pemain Guinea yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia

Faktanya, Elkan memang berlibur dan mengunggah video liburan di Instagram pribadinya dengan mematikan kolom komentar.

"Untuk Elkan, mungkin bisa dari media Indonesia yang mengikuti schedule atau kelakuan Elkan seperti apa mungkin bisa cari tahu sendiri. Dan setelah itu yang mungkin bisa dilihat sendiri ya, maksudnya Elkan bagaimana," kata STY kepada awak media jelang lawan Guinea.

Berikut daftar 22 pemain timnas Indonesia menghadapi Irak dan Filipina:

1. Adi Satryo (PSIS)

Sumber: