Satgas TMMD Ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Membangun Desa Penambangan Sehat dan Berprestasi

Satgas TMMD Ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo Membangun Desa Penambangan Sehat dan Berprestasi

Penyuluhan stunting untuk warga Penambangan, Balongbendo, Sidoarjo.-Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM - Satgas Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-120 Kodim 0816/Sidoarjo tidak hanya membangun infrastruktur fisik di Desa Penambangan, tetapi juga fokus pada pembangunan generasi penerus bangsa yang sehat dan bebas stunting. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Satgas TMMD menggelar penyuluhan dan edukasi yang komprehensif tentang pencegahan stunting di desa tersebut.

Kegiatan penyuluhan yang mendatangkan sejumlah narasumber dari dinas kesehatan ini tidak hanya melibatkan ibu-ibu hamil dan menyusui saja. Tetapi juga para orang tua dan remaja. Pendekatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran kolektif dan komitmen bersama dalam memerangi stunting di Desa Penambangan.

Materi penyuluhan yang disampaikan tidak hanya terpaku pada teori, tetapi juga diwarnai dengan contoh-contoh nyata dan mudah dipahami oleh masyarakat. Tenaga kesehatan dari Puskesmas Balongbendo dan ahli gizi dari RS Haji Surabaya.

"Kami sangat peduli dengan kesejahteraan masyarakat di wilayah yang kami layani. Penyuluhan tentang bebas stunting ini adalah salah satu langkah konkret kami dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak serta kesejahteraan keluarga," ujar Kapten Inf Hendro Sugiono, Komandan Koramil 0816/10 Balongbendo, saat memberikan sambutan di acara itu, yang juga dihadiri jajaran Forkopimka Kecamatan Balongbendo, Jumat 17 Mei 2024.

BACA JUGA:Prajurit TNI Kodim 0816/Sidoarjo Siap Membangun Desa Penambangan dalam TMMD Ke-120

Selain penyuluhan, Satgas TMMD juga bekerjasama dengan kader kesehatan desa untuk melakukan kunjungan rumah dan pendampingan kepada keluarga-keluarga yang berisiko stunting. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan dalam penyuluhan dapat diterapkan dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

"Stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis pada anak, merupakan tantangan serius yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik serta mental. Melalui kegiatan penyuluhan ini, Satgas TMMD berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi seimbang dan perawatan kesehatan untuk mencegah stunting," terang Hendro.

Upaya Satgas TMMD 120 Kodim 0816/Sidoarjo dalam memerangi stunting di Desa Penambangan tidak hanya memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga berkontribusi dalam membangun desa yang sehat dan berprestasi.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Penambangan Helmy Firmansyah, di lokasi. Menurutnya, kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat Desa Penambangan.

"Saya sangat bangga dan berterima kasih atas kerjasama yang telah terjalin antara Satuan Tugas Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-120 dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo serta seluruh pihak terkait lainnya, dalam menjalankan program pencegahan stunting di lingkungan kita," kata Helmy.

Ia juga berharap, dengan generasi yang sehat dan bebas stunting, Desa Penambangan diharapkan dapat menjadi desa yang maju dan mandiri di masa depan.(sbo/jok)

Sumber: